Tips Canggih Membasmi Virus Komputer DI DUNIA

Virus komputer merupakan hal yang berbahaya bagi komputer Anda karena virus komputer adalah program berbahaya yang mampu menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyalin dirinya sendiri ke program lain. Virus komputer menyebar dengan sendirinya ke dalam kode atau dokumen lain ketika Anda menjalankan aplikasi yang mengandung virus.

Baca juga Tentang VIRUS KOMPUTER DI DUNIA: Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Cara Menghapus.

Tanda-tanda Infeksi Virus KOMputer

Sebagai pengguna komputer harus dapat menyadari tanda-tanda peringatan adanya infeksi virus pada komputer  sebelum virus tersebut berkembang. Ada tanda-tanda peringatan adanya infeksi virus pada komputer, yaitu :

  • Performa sistem komputer menjadi lebih lambat
  • File menggandakan dirinya sendiri
  • Pop-up yang yang tampil terus menerus pada layar komputer
  • Program berjalan sendiri
  • Muncul File atau program baru dadakan di komputer
  • File, folder atau program terhapus atau isinya rusak
  • Suara yang terdengar pada hard disk

Jika Anda menemukan tanda-tanda yang disebutkan di atas, maka ada kemungkinan komputer Anda sudah terjangkit oleh virus atau malware. Bila komputer Anda terinfeksi oleh virus, maka besar kemungkinan Anda dapat kehilangan file, program, dan folder penting yang disimpan di dalam komputer. Bahkan ada beberapa virus yang mampu merusak perangkat keras komputer. Oleh karena itu, Anda harus melakukan instalasi perangkat lunak anti-virus yang efektif harus diinstal ada komputer Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Canggih Membasmi Virus Komputer DI DUNIA

Anda dapat mengikuti prosedur langkah-langkah di bawah ini berupa Tips Canggih Membasmi Virus Komputer DI DUNIA

  1. Safe Mode (Mode Aman)
    • Boot sistem dan tekan F8 untuk menu Advanced Boot Options.
    • Pilih Safe Mode with Networking dan tekan Enter terus hingga kembali ke layar utama.
    • Penanganan lewat Safe Mode atau Mode Aman akan efektif dalam menangani virus karena virus tidak bisa berjalan dengan baik dalam Safe Mode atau Mode Aman. Jangan lupa untuk putuskan koneksi internet dahulu.
2. Delete Temporary Files (Hapus Berkas Sementara)

Untuk memberikan banyak ruang kosong pada hard disk, maka Delete Temporary Files (Hapus Berkas Sementara) sebelum mulai menjalankan anti-virus. Cara ini berguna untuk mempercepat proses pemindaian virus. Anda dapat menggunakan  Disk Cleanup Tool (Alat Pembersihan Disk) karena sangat praktis digunakan untuk  membantu menghapus file sementara pada komputer Anda. Caranya adalah sebagai berikut :

    • Klik Start menu
    • Pilih All Programs
    • Klik Accessories
    • Klik System Tools
    • Klik Disk Cleanup
    • Penghapusan berkas sementara (Delete Temporary Files) telah selesai
3. Download Virus / Malware Anti-virus Program (Unduh Anti-virus Virus / Malware )

Harus diingat, anti-virus ini hanya membantu dalam menghilangkan virus yang telah dibuat sebelum anti-virus ini muncul dan anti-virus ini belum tentu mampu untuk menghilangkan infeksi virus-virus baru. Oleh karena itu, harus selalu melakukan update untuk mendapatkan anti-virus/malware dengan versi terbaru agar dapat menghilangkan virus-virus terbaru. Kami sarankan untuk menggunakan program anti-virus real-time, karena program ini secara otomatis akan selalu memeriksa virus yang tersembunyi.

Setelah download anti-virus dari internet, jangan lupa langsung memutuskan koneksi internet untuk sebelum menjalankan anti-virus demi keamanan dan keselamatan komputer Anda.

4. Jalankan Anti-virus Virus / Malware

Setelah download anti-virus lalu lakukan instalasi anti-virus itu ke dalam komputer Anda. Kemudian mulai jalankan anti-virus tersebut pada komputer Anda.

5. Instal Ulang Perangkat Lunak atau Berkas Rusak

Setelah virus dari komputer Anda selesai dihapus lalu instalasi ulang file dan program yang dirusak oleh virus atau malware.

Jangan lupa selalu lakukan backup file atau program secara teratur dan update anti-virus agar komputer Anda tetap terlindungi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih 🙂

Original content by : Situsilmu.com