Tentang Proyektor Di DUNIA: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Komponen, Jenis TERLENGKAP

PENGERTIAN PROYEKTOR

Proyektor adalah perangkat keras yang dapat menampilkan gambar atau video ke suatu layar sehingga terlihat lebih besar. Caranya adalah dengan menggabungkan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display.
Proyektor sangat bermanfaat untuk membantu seseorang dalam menyajikan topik dalam bentuk teks, gambar, animasi, atau video.

SEJARAH PROYEKTOR

Penemu proyektor LCD pertama di dunia adalah Gene Dolgoff di kota New York. Pada tahun 1968, Gene Dolgoff memiliki ide untuk menciptakan sebuah proyektor yang lebih cerah dari Proyektor 3-CRT yang ada pada saat itu.

Pada tahun 1971, setelah mencoba beberapa bahan akhirnya Gene Dolgoff berhasil menggunakan bahan kristal cair untuk mengatur sumber cahaya eksternal sebagai bahan dari elemen ide “cahaya katup” yang direncanakan olehnya.

Pada tahun 1984, Gene Dolgoff berhasil menciptakan proyektor LCD pertama di dunia. Kemudian, proyektor ciptaannya tersebut dikembangkan lagi guna memperbaiki tampilan pixel yang sangat terlihat dan Gene Dolgoff juga memperbaiki efisiensi cahaya utama yang hilang.

Pada tahun 1988, Gene Dolgoff membangun sebuah perusahaan proyektor pertama di dunia, yaitu perusahaan Projectavision, Inc. Ia pun mengajukan hak lisensi atas teknologi milik Samsung dan Panasonic untuk memulai proyeksi digital miliknya.

Pada tahun 1989, ia mendapat kontrak Darpa pertama untuk mengusulkan agar seluruh HDTV AS harus memakai proses proyeksi dan digital. Ia bersama dengan Leon Shapiro, co mengembangkan ANSI proyektor elektronik untuk pengukuran kecerahan, kontras, dan resolusi.

Pada tahun 2004, Proyektor telah dikembangkan dengan fitur lengkap juga dengan kecerahan, kontras, warna, dan resolusi yang dinamis.

FUNGSI PROYEKTOR

Beberapa fungsi dari proyektor, yaitu sebagai :

  • Alat Proyeksi
    Menampilkan gambar dan video dari komputer ke layar atau ke permukaan yang datar.
  • Alat Presentasi
    Dengan menggunakan proyektor, menyajikan tabel, gambar, teks, animasi dan setiap lembar dokumen menjadi lebih mudah dan praktis.
  • Alat Pembesar Tampilan
    Proyektor dapat membuat tampilan dokumen di layar menjadi sangat besar, sehingga dapat dilihat oleh seluruh orang di ruangan yang luas.
  • Alat Pemutar Video dan Animasi
    Selain untuk menampilkan lembar dokumen dari komputer, proyektor juga memiliki fungsi untuk menampilkan proyeksi video dan animasi dari komputer ke layar.
  • Media Informasi Yang Praktis
    Penyampaian informasi menggunakan proyektor menjadi mudah karena memiliki fleksibilitas yang tinggi dan praktis untuk dibawa-bawa.
KOMPONEN PROYEKTOR

Komponen proyektor yang saling bekerja sama secara berkesinambungan satu sama lain dapat menghasilkan hasil yang optimal dalam menampilkan informasi dari komputer ke layar atau bidang datar.
Komponen proyektor adalah sebagai berikut :

  • Mainboard
    Mainboard pada proyektor berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah proyektor agar setiap komponen dapat menjalankan fungsinya masing-masing.
Mainboard Proyektor
  • Power Supply
    Power supply berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dari pusat tenaga listrik ke dalam seluruh komponen di dalam proyektor dengan cara mengubah arus AC menjadi arus DC yang kemudian diubah menjadi daya atau energi yang dibutuhkan.
Power Supply Proyektor
  • Ballast
    Ballast pada proyektor berfungsi untuk memberikan tegangan untuk menyalakan lampu pada proyektor dan memberikan informasi ke mainboard proyektor bahwa ballast bekerja sebagaimana mestinya.
Ballast
  • Optical Engine
    Optical Engine pada proyektor berfungsi untuk memecah warna Merah, Hijau, dan Biru (RGB : Red, Green, Blue).
Optical Engine
  • LCD Block Panel
    LCD BLock Panel ini terdapat pada Proyektor dengan teknologi LCD (Liquid Crystal Display). LCD panel ini berfungsi sebagai filter gambar sebelum ditampilkan. Ada 6 jenis tipe LCD Panel, yaitu :
    – RR
    – RL
    – GR
    – GL
    – BR
    – BL
LCD Panel
  • Lampu
    Lampu ini berfungsi sebagai sumber cahaya pada proyektor.
Lampu Proyektor
  • Lensa
    Lensa pada proyektor berfungsi untuk mengatur ukuran proyeksi ke layar, bisa memperbesar tampilan atau mengecilkan tampilan.
Lensa Proyektor
  • Fan / Kipas
    Kipas di dalam proyektor berfungsi untuk membuat panas menjadi stabil dengan cara mendinginkan komponen yang ada di dalam proyektor.
Fan / Kipas Proyektor