Tentang Perangkat Keras Komputer (Hardware) – TERLENGKAP DI DUNIA

Komputer yang digunakan sehari-hari sangat banyak jenisnya. Setiap tahun selalu ada berbagai macam jenis yang dikembangkan. Begitu pula dengan bagian-bagian komputer dan fungsinya yang selalu berkembang.
Bagian komputer yang kita bahas kali ini adalah perangkat keras atau hardware. Hardware ialah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik.
Dengan mengetahui bagian-bagian komputer, kita bisa meminimalkan kerusakan yang mungkin terjadi dan meningkatkan ketahanan sparepart.

Hardware atau perangkat keras menurut fungsinya, dibedakan menjadi 3 bagian, bagian-bagian komputer, yaitu :

  1. Input Device (Perangkat Masukan)
  2. Output Device (Perangkat Keluaran)
  3. Processing Device (Perangkat Pengolah Data)
Input Device (perangkat masukkan)

Input device atau peranti masukan adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan suatu data dan perintah ke dalam suatu sistem komputer. Komponen yang termasuk input device (perangkat masukan), yaitu :

1. Keyboard

Pengertian Keyboard (Papan Ketik) adalah perangkat keras yang tersusun dari tombol-tombol huruf, angka, karakter/simbol, dan beberapa tombol perintah.

Fungsi keyboard adalah untuk memasukkan data berupa huruf, angka, dan simbol dengan cara menekan/mengetik tombol-tombol pada keyboard tersebut.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini port keyboard bukan hanya PS2 dan USB, tetapi sudah ada yang menggunakan wireless atau tanpa menggunakan kabel.

Baca selengkapnya Tentang KEYBOARD DI DUNIA: Sejarah, Pengertian, Fungsi, Jenis,Tombol TERLENGKAP

JenisKeyboard

Baca juga tentang : 158 Fungsi Tombol dan Shortcut Keyboard Di DUNIATombolKeyboard

2. Mouse

Pengertian Mouse adalah input device (perangkat masukan) yang menerima masukan berupa gerakan ( untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat), menekan tombol (click button) dan kursor ke atas dan ke bawah (scroll). Mouse juga digunakan untuk memilih teks, icon, file, dan folder.

MousePS2_USB_Wireless
Mouse
3. Light Pen

Pengertian Light Pen adalah sebuah perangkat masukan (input device) berbentuk bentuk pena yang cara menggunakannya disertai dengan papan gambar .

Fungsi light pen adalah untuk menggambar grafis pada layar papan gambar yang terhubung dengan komputer.

Cara kerja light pen atau cara menggunakan light pen :

Dengan menyentuhkan ujung light pen (pena cahaya) ke layar papan gambar menggunakan light pen dan mulai menggambar di atasnya. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam dengan cepat dan tepat. Pada papan gambar layar ini, permukaannya terbagi menjadi ratusan area vektor kecil, sehingga detail setiap gambaran dapat terlihat dengan sempurna di layar komputer.

LightPen
Light Pen
4. Joystick

Pengertian Joystick (Tuas Kendali) adalah sebuah perangkat masukan (input device) yang berbentuk tuas atau tongkat yang dapat digerakkan ke segala arah. Joystick biasa digunakan sebagai pelengkap dalam sebuah permainan video.

Fungsi Joystick adalah :
– Sebagai pelengkap dalam permainan video
– Mengendalikan arah dalam sebuah permainan video
– Mengendalikan kecepatan laju
– Bisa dijadikan alat kontrol dalam perlengkapan elektrik lainnya, misalnya kursi roda elektrik

Cara kerja joystick atau cara menggunakan joystick :
Joystick (Tuas Kendali) menjadi media tidak langsung yang menggantikan mouse sebagai kursor dengan cara menggerakkan tongkat tuas ke arah yang diinginkan untuk mengendalikan arah dan laju.

Joystick
Joystick
5. Mikrofon

Pengertian Mikrofon adalah komponen yang memberikan masukan dalam bentuk suara.

Mikrofon
Mikrofon
6. CD ROM

Kepanjangan dari CD ROM adalah Compact Disk – Read Only Memory.

Baca selengkapnya Tentang Perbedaan CD ROM dan CD RW

Pengertian CD ROM atau CD ROM Drive adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai perangkat masukan (input device) yang membaca data dari CD yang dimasukkan melalui CD ROM Drive.

CDRom
CD ROM

Fungsi CD ROM, yaitu :
– Untuk membaca data dari CD
– Untuk melakukan instalasi OS (Operating System)
– Sebagai alat instalasi software pendukung
– Untuk instalasi aplikasi game dan multimedia lainnya

Cara Menggunakannya adalah dengan memasukkan CD ke dalam CD ROM Drive, nantinya isi dari keping CD tersebut dapat ditampilkan, baik secara otomatis maupun manual.