Speaker Komputer Di DUNIA – Pengertian, Fungsi, Jenis, Komponen, Tips Memilih Speaker

Speaker
PENGERTIAN SPEAKER

Speaker (pengeras suara) adalah perangkat keras yang mengubah sinyal elektrik atau listrik menjadi frekuensi suara dengan cara memberikan getaran pada membran yang berada pada speaker. Suara yang dihasilkan pada speaker komputer ini merupakan hasil dari proses perubahan sinyal elektrik menjadi suara oleh CPU.

FUNGSI SPEAKER

Speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah sinyal elektrik atau listrik menjadi gelombang getaran suara dengan cara memberikan getaran pada membran pada speaker. Fungsi ini dapat berjalan sebagaimana mestinya apabila seluruh komponen pada speaker berfungsi dengan baik.

JENIS SPEAKER

Jenis speaker pada umumnya ada dua jenis, yaitu :

  1. Speaker Aktif
  2. Speaker Pasif.

Perbedaannya adalah speaker aktif SUDAH memiliki Power Amplifier sedangkan speaker pasif BELUM memiliki Power Amplifier sehingga membutuhkan tambahan Power Amplifier untuk mengoperasikan speaker tersebut.

situsilmu-Gambar Speaker Aktif dan Amplifier Terpasang
Speaker Aktif dan Amplifier Terpasang

 

situsilmu-Gambar Speaker Pasif dan Amplifier Tambahan
Speaker Pasif dan Amplifier Tambahan

Jenis Speaker berdasarkan bentuk, ukuran dan rentang frekuensi dibedakan menjadi 6 jenis, yaitu :

  1. Subwoofer
    Sub Woofer adalah jenis speaker yang memiliki kemampuan mengeluarkan suara atau nada yang rendah atau full bass dengan jelas. Frekuensi suaranya dari 20 Hz sampai dengan 200 Hz. Untuk ukuran subwoofer biasanya sekitaran 10 inch, 12 inch dan 15 inch.

    situsilmu-Subwoofer
    Subwoofer
  2. Woofer
    Woofer adalah jenis tipe speaker yang memiliki kemampuan menghasilkan suara bass, tapi tidak full bass. Frekuensi yang dihasilkan cukup rendah yaitu berkisar 40 Hz sampai di atas 250 Hz. Ukuran Woofer biasanya 4 inch, 6 inch, dan 8 inch.

    situsilmu-Woofer
    Woofer
  3. Midbass
    Midbass ini biasa disebut juga dengan midwoofer. Suara yang dihasilkan cukup rendah, yaitu antara 80 Hz sampai dengan 350 Hz. Ukuran Midbass ini biasanya sekitar 5 inch, 6 inch dan 7 inch.

    situsilmu-Midbass
    Midbass
  4. Midrange
    Midrange memiliki frekuensi yang sangat tinggi, yaitu antara 350 Hz sampai dengan 4500 Hz. Dengan midrange, suara vokal dapat terdengar lebih jelas terutama yang nada tinggi. Speaker midrange biasanya sekitar 3 inch dan 4 inch.

    situsilmu-Midrange
    Midrange
  5. Tweeter
    Tweeter merupakan speaker dengan frekuensi sangat tinggi bila dibandingkan dengan midrange. Frekuensi suara yang mampu dikeluarkan oleh Tweeter adalah 3500 Hz sampai dengan 20 KHz. Ukuran Tweeter ini kecil, antara 0,5 inch sampai 4 inch.

    situsilmu-Tweeter
    Tweeter
  6. Fullrange
    Fullrange adalah speaker yang mampu mengeluarkan frekuensi suara yang luar biasa tinggi dibandingkan dengan jenis speaker lainnya di atas.

    situsilmu-Fullrange
    Fullrange

You May Also Like