SIGNAL – Aplikasi Pengganti WhatsApp

Aplikasi Signal

Apa itu Signal?

Signal adalah layanan pesan terenkripsi lintas platform yang dikembangkan oleh Signal Foundation dan Signal Messenger. Signal pada dasarnya adalah aplikasi pesan open source yang aman sehingga dapat menggantikan aplikasi pesan ponsel Android Anda atau pengganti aplikasi SMS telepon Anda.

Selain pesan teks, file, catatan suara, gambar dan video, Signal juga mendukung panggilan suara aman (VoIP) dan video antar pengguna. Meskipun sebagian besar adalah aplikasi seluler, versi desktop juga tersedia. Dalam mengirimkan pesan, menelpon, atau video call dengan Signal, Anda tidak menggunakan biaya pulsa, tetapi menggunakan paket data atau wi-fi sama seperti aplikasi Android lainnya. Ini dapat menjadi keuntungan besar bagi kita yang tidak ingin membayar pesan teks SMS dan panggilan telepon, atau yang ingin melakukan panggilan internasional gratis.

Aplikasi Signal
Spesifikasi Signal

Keamanan Aplikasi Signal

Semua pesan Signal yang Anda kirim ke sesama pengguna Signal aman dienkripsi di ponsel Anda sebelum dikirim dan hanya dapat dideskripsi oleh penerima yang dituju. Jadi semua data Anda tetap aman dan tidak ada pihak ketiga yang dapat mengakses pesan saat transit. Satu-satunya cara bagi musuh untuk mengakses pesan yang dikirim oleh Signal adalah jika ia memiliki akses fisik langsung ke telepon Anda atau penerima.

Pesan yang dikirim ke dan dari kontak non-Signal (bukan-Signal) dikirim menggunakan pesan teks SMS biasa dan tidak aman. Saat mengirim pesan teks yang tidak aman, Anda akan diperingatkan bahwa pesan itu tidak aman dan didorong untuk mengundang kontak Anda untuk menggunakan Signal.

Bahkan kemudian, Signal menyertakan opsi untuk mengenkripsi semua pesan yang tersimpan, yang membuatnya tidak mungkin untuk mengaksesnya kecuali jika pemilik telepon entah bagaimana dapat dipaksa untuk mengungkapkan kode sandinya. Tapi, wajib diingat, keamanan pengiriman data berlaku untuk pengiriman pesan ke sesama pengguna Signal, jadi yang dikirim ke pengguna non-Signal tidak aman.

Apakah Signal Lebih Baik Daripada WhatsApp?

Dalam pertanyaan “Apa software obrolan tim terbaik?” Signal berada di peringkat ke-2 sedangkan WhatsApp di peringkat ke-40. Alasan terpenting orang memilih Signal adalah Signal menggunakan protokol enkripsi ujung ke ujung canggih yang memberikan privasi untuk setiap pesan setiap saat.

Enkripsi pada perangkat aplikasi Signal dapat didekripsi, klaim perusahaan peretas Cellebrite. Kemampuan deskripsi hanya dapat digunakan dengan akses fisik ke perangkat target, dan tidak mengizinkan pesan untuk dicegat.

Signal

Aplikasi Signal

Apakah Aplikasi Signal Paling Aman?

Protokol perpesanan yang diintegrasikan ke dalam Signal dianggap sebagai yang paling aman dari semua yang ada di pasaran saat ini, dibuktikan oleh fakta bahwa layanan lain menggunakan protokol perpesanan aplikasi untuk mode paling aman mereka, termasuk Whatsapp, Wire, Skype’s Private Conversations dan Facebook Rahasia Messenger.

Bagaimana Aplikasi Signal Menghasilkan Uang?

Signal adalah organisasi nirlaba. Kurangnya model bisnis ini adalah alasan penting mengapa aplikasi ini begitu fokus pada privasi. Karena perusahaan tidak mencoba menghasilkan uang, itu bisa ada untuk kepentingan pengguna. Alih-alih mendapatkan untung, Signal mengandalkan donasi untuk terus beroperasi.

Cara Mengakses Aplikasi Signal

Perbaharui ke versi terbaru Signal Android dan aktifkan semua izin aplikasi seperti yang tercantum. Perbarui aplikasi layanan Google Play di ponsel Anda dan aktifkan semua izin aplikasi. Izinkan Signal untuk memulai otomatis dan bekerja di latar belakang. Aktifkan pengaturan khusus telepon. Klik Link ini untuk download Signal.

Demikian pembahasan tentang “SIGNAL – Aplikasi Pengganti WhatsApp”. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 🙂

You May Also Like

Comments are closed.