Pertanyaan Seputar Teknologi Komputer – Situsilmu.com

Pertanyaan seputar teknologi dan komputer selalu ada setiap hari. Untuk itu, kami membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan seusai dengan riset yang kami lakukan.

  • Bagaimana perkembangan komputer jelaskan jawabanmu : Sejarah perkembangan komputer dibagi menjadi 5 tahap, yaitu
  1. Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959) – Generasi Tabung Vakum
  2. Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964) – Generasi Transistor
  3. Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970) – Generasi IC
  4. Sejarah Komputer Generasi Keempat (1971–sekarang) – Generasi Microprocessor
  5. Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang) – Generasi AI

Baca selengkapnya : Sejarah Perkembangan Komputer DI DUNIA – TERLENGKAP

  1. Komputer adalah adalah suatu perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya sehingga menghasilkan informasi bermanfaat bagi penggunanya. Komputer berasal dari kata “Computare” yang artinya menghitung. Kata “komputer” pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

2. Siapa penemu komputer untuk pertama kali ?

Jawab : Penemu komputer untuk pertama kali adalah Charles Babbage. Ia menemukan mesin penghitung (Difference Engine no.1)

Baca selengkapnya : Sejarah Perkembangan Komputer DI DUNIA – TERLENGKAP

Charles Babbage

3. Pengertian packet filtering gateway adalah Firewall yang bekerja di model referensi TCP / IP yang mempunyai tugas filtering atau penyaringan data yang datang dari luar jaringan yang dilindunginya.

4. Bagaimana cara Charles Babbage menemukan komputer ? Charles Babbage menciptakan mesin penghitung (Difference Engine no.1)

5. Bapak komputer di dunia adalah Charles Babbage.

6. Nama lain dari komputer pribadi adalah Personal Computer atau disingkat PC.

7. Kepanjangan CPU adalah Central Processing Unit.

8. CPU atau Prosesor adalah Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai otak komputer, pusat pengolahan data pusat, pusat pengolahan perintah, dan pengontrol seluruh komponen pada komputer agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

9. HTTP singkatan dari HyperText Transfer Protocol.

10. Pengertian dari operating system (sistem operasi) adalah Sistem operasi ( Operating System atau disingkat OS) adalah perangkat lunak utama yang mengatur dan mengontrol perangkat keras dan perangkat lunak (software dan aplikasi) pada komputer.

11. Media penyimpanan komputer dengan kapasitas sekitar 700 MB dengan kemampuan menyimpan data 1 kali saja dan data yang telah ada sebelumnya tidak dapat diubah atau dihapus adalah CD-R.

12. Media penyimpanan magnetik yang memiliki kapasitas penyimpanan 1,44 mb adalah Disket.

13.  Dalam dunia komputer dikenal istilah sistem operasi seperti windows xp windows vista dan linux fungsi dari sistem operasi tersebut adalah mengatur operasi perangkat lunak pada komputer.

14. CPU menggunakan suatu cache memory atau buffer memory dengan maksud mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data atau informasi yang telah diakses suatu buffer, sehingga meringankan kerja prosesor.

15. Satuan ukuran memori berikut yang nilainya paling kecil adalah Kilobyte. Urutan ukuran memori dari yang terkecil hingga terbesar adalah Kilobyte, Megabyte, Gigabyte, dan Terabyte.

16. Apa perbedaan antara komputer hibrid dan komputer digital adalah Komputer digital adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lainnya. Komputer Hybrid adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital.

17. Guna mengatasi sistem perkabelan yang rumit dapat dibatasi dengan cara lebih baik sederhana dengan menggunakan Microcontroller.

18. Jenis printer yang bekerja dengan cara menempatkan sebuah plat magnet yang mengalirkan tinta ke atas kertas untuk membentuk gambar atau dokumen sesuai dengan pola yang diinformasikan oleh komputer atau drivernya adalah Printer Inkjet.

Baca selengkapnya : Printer Di DUNIA – Pengertian, Fungsi, Jenis, Gambar Lengkap

situsilmu-Printer InkJet
Printer InkJet

19. Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer adalah Keyboard, Mouse, Scanner, Flashdisk, Disket, Joystick, Webcam, Mikrofon, Light Pen, CD ROM, CD RW, DVD ROM, dan DVD RW.

20. Perangkat keras komputer yang termasuk output device adalah Monitor, Printer, Proyektor, Speaker, dan Headset.

21. Scanner termasuk ke dalam perangkat Perangkat Keluaran atau Output Device.

22. Bios kependekan dari Basic Input Output System.

23. Proses awal kerja dari sistem komputer hingga siap digunakan disebut Booting.

24. Sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya merupakan pengertian dari Jaringan Komputer.

25. Pengembangan iptek bertujuan untuk mengubah kehidupan masa depan manusia menjadi lebih baik, mudah, cepat, dan aman.

26. Dampak ditemukan komputer dalam bidang iptek adalah membuat pekerjaan manusia menjadi lebih cepat, lebih baik, mudah, dan aman.

27. Dampak negatif penggunaan komputer di bidang sosial adalah membuat komunikasi secara langsung dengan orang-orang menjadi sedikit waktunya karena sudah banyak digantikan dengan aplikasi komunikasi secara online, misalnya lewat media sosial.

28. Teknik pembuatan poster terdiri dari dua jenis yaitu Teknik kering dan Teknik basah.

29. Format gambar SVG dapat dimodifikasi menggunakan aplikasi pengolah grafis yang berbasis vektor / garis, misalnya adalah Corel Draw.

30. Sistem komputer terbangun dari elemen-elemen 1. Hardware atau perangkat keras, yaitu peralatan komputer yang terlihat secara fisik dan dapat dipegang. 2. Software atau perangkat lunak, yaitu program yang berisi instruksi /perintah untuk melakukan pengolahan data. 3. Brainware, yaitu manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

31. Dua hal yang terpenting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP Server adalah server yang menjalankan software dengan fungsi memberikan layanan data jika ada permintaan dari FTP Client. FTP Client adalah komputer yang kita gunakan untuk melakukan berbagai pemrosesan data yang kita dapatkan dari FTP Server.

32. Ilmuwan yang menemukan atau menciptakan mesin hitung mekanika pertama adalah Blaise Pascal.

33. Perintah rename digunakan untuk mengganti nama sebuah file atau folder.

34. Save atau menyimpan data terdapat pada menu bar FILE.

35. Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik disebut e-mail.

36. Agar perangkat keras komputer dapat berfungsi diperlukan Perangkat Lunak dan arus listrik.

37. Televisi ditemukan oleh John Logie Baird dan Philo Farnsworth.

38. Sound card merupakan komponen komputer untuk mengolah suara. Sound Card atau kartu suara adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang berperan sebagai pengolah data untuk audio atau suara.
Sound Card berfungsi untuk mengolah data berupa file suara. Soundcard juga berperan mendukung sistem output suara seperti speaker atau headset, agar suara yang dihasilkan lebih berkualitas.

sound card

39. Komputer berasal dari kata bahasa inggris yang artinya ?

Jawab : Komputer berasal dari bahasa latin, yaitu computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris, disebut To compute yang artinya menghitung.

40. Kejahatan penipuan dengan menggunakan kartu kredit disebut PHISING

41. Komponen komputer yang dapat dilihat secara fisik dapat dipegang atau dipindahkan disebut  ?

Jawab : Komponen komputer yang dapat dilihat secara fisik dapat dipegang atau dipindahkan disebut dengan Perangkat keras atau Hardware.

Hardware ada tiga bagian, yaitu perangkat masukan, perangkat pengolah data, dan perangkat keluaran.

42. lmuwan yang menemukan telepon pertama kali adalah ?

Jawab : ilmuwan yang menemukan telepon pertama kali adalah Alexander Graham Bell tahun 1876 di Amerika Serikat.

43. Dalam menyusun suatu program langkah pertama yang harus dilakukan adalah ?

Jawab : Dalam menyusun suatu program langkah pertama yang harus dilakukan adalah Menyusun Algoritma.

Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

44. Salah satu contoh sistem operasi dalam komputer adalah ?

Jawab : Salah satu contoh sistem operasi dalam komputer adalah Microsoft Windows. Untuk sistem operasi lainnya adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X.

45. Pengolahan data komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (vacuum tube) pada tahun 1946- 1959.

Tabung Vakum sangat besar, memerlukan daya listrik yang sangat besar, mudah panas, dan kapasitas penyimpanan datanya sangat terbatas. Contoh komputer generasi pertama adalah : ENIAC, MARK 1, EDVAC, MARK 2, EDSAC, UNIVAC 1, UNIVAC 2, dan IBM 650.

Baca selengkapnya : Sejarah Perkembangan Komputer DI DUNIA – TERLENGKAP

46. Perangkat komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar adalah ?

Jawab : Perangkat komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar adalah VGA Card.

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. VGA Card merupakan komponen yang menghubungkan mainboard dengan layar komputer (monitor).

47. Secara umum cpu terdiri dari Unit Kendali (Control Unit), Aritmatic & Logical Unit (ALU), dan Memori Utama (Main memory ).

48. Otak komputer adalah ?

Jawab : Otak komputer adalah prosesor (processor).

Prosesor adalah komponen utama komputer yang menjadi otak untuk menjalankan proses di dalam komputer dan mengendalikan hubungan kerja sama seluruh perangkat di dalam komputer. Prosesor mengatur semua aktivitas semua program dengan cara menerima perintah dan melaksanakannya dari aplikasi (perangkat lunak) di dalamnya.

Prosesor

49. Sejarah perkembangan komputer dibagi menjadi beberapa tahap yaitu ?

Jawab : Sejarah perkembangan komputer dibagi menjadi 5 tahap:

    1. Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959) – Generasi Tabung Vakum
    2. Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964) – Generasi Transistor
    3. Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970) – Generasi IC
    4. Sejarah Komputer Generasi Keempat (1971–sekarang) – Generasi Microprocessor
    5. Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang) – Generasi AI

Baca selengkapnya : Sejarah Perkembangan Komputer DI DUNIA – TERLENGKAP

50. Hardware dalam sistem komputer adalah ?

Jawab : Hardware (perangkat keras) dalam sistem komputer adalah Komponen komputer yang dapat dilihat secara fisik dapat dipegang atau dipindahkan.

Contoh hardware (perangkat keras), yaitu Prosesor (CPU), mainboard, keyboard, mouse, speaker, RAM, VGA Card, hardisk, dan monitor.

51. Internet pada awalnya disebut dengan ?

Jawab : Internet pada awalnya disebut dengan ARPANET pada tahun 1960. ARPANET singkatan dari Advanced Research Project Agency Network).

52. Gambar perangkat komputer , yaitu ?

Jawab :

53. Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah ?

Jawab : Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah Topologi Jaringan.

Topologi jaringan ada 6 kategori, yaitu Topologi bintang, Topologi bus, Topologi cincin, Topologi jala, Topologi linier, dan Topologi pohon.

54. Bagaimana perkembangan komputer ?

Jawab : Perkembangan komputer semakin canggih dan tidak pernah berhenti perkembangannya setiap hari. Pada awal komputer diciptakan, bentuknya sangat besar dan memerlukan daya listrik yang sangat besar. Saat ini bentuknya kecil dan praktis. Untuk aplikasi atau software selalu dikembangkan dan semakin lama semakin canggih.

55. Software adalah ?

Jawab : Software atau perangkat lunak adalah seperangkat program yang tidak dapat disentuh atau dirasakan, software berfungsi untuk menjalankan perintah dan tugas yang telah diatur.

Beberapa jenis software, yaitu sistem operasi, aplikasi pengolah kata, apikasi pengolah angka, dan antivirus.

56. Sebutkan teknologi big data : Terdapat 2 tipe big data, yaitu 1) Teknologi untuk mengolah Big Data demi kebutuhan operasional, contohnya database NoSQL (MongoDB & HBase) dan 2)Teknologi untuk mengolah Big Data untuk kebutuhan analitis, misalnya Hadoop.

57. cpssoft kepanjangan dari Citra Piranti Sejahtera, yaitu salah satu pengembang software akuntansi yang didirikan pada tahun 1998.

58. Perangkat komputer dalam bentuk perintah atau instruksi yang mengendalikan komputer disebut Perangkat lunak berupa Sistem Operasi, misalnya Windows dan Linux.

59. Yang termasuk kelebihan software firewall adalah mampu mendeteksi adanya malware dan ancaman bahaya dari berbagai macam situs yang kita kunjungi.

60. Jenis Firewall yang bekerja pada transport layer adalah Circuit Level Gateway.

61. Salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah Client-server

Apabila ada pertanyaan lain seputar teknologi dan komputer, silakan ditanyakan lewat kolom komentar. Kami siap membantu.

Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *