Mengenal Database Grafik (Graph Database)

Pengertian Database Grafik (Graph Database)

Database grafik adalah database yang dirancang untuk memperlakukan hubungan antara data sama pentingnya dengan data itu sendiri. Ini dimaksudkan untuk menyimpan data tanpa membatasinya ke model yang telah ditentukan sebelumnya.

Database Grafik (Graph Database) terdiri dari kumpulan node dan edge dimana setiap node digunakan untuk merepresentasikan suatu entitas dan setiap edge menggambarkan hubungan antar entitas. Database berorientasi grafik, atau database grafik, adalah jenis database NoSQL yang menggunakan teori grafik untuk menyimpan, memetakan dan hubungan kueri.

Database grafik pada dasarnya digunakan untuk menganalisis interkoneksi. Misalnya, perusahaan mungkin menggunakan database grafik untuk menambang data tentang pelanggan dari media sosial.
Database grafik paling sering digunakan untuk data yang sangat saling berhubungan, dan untuk situasi di mana konten data itu sendiri kurang penting daripada struktur keseluruhan. Kasus penggunaan yang paling mudah untuk data grafik adalah untuk jejaring sosial.

Diagram Database Grafik
Diagram Database Grafik

Penyimpanan grafik biasanya mengacu pada struktur yang mendasari database yang berisi data grafik. Saat dibuat khusus untuk menyimpan data seperti grafik, ini dikenal sebagai penyimpanan grafik asli. Database grafik dengan penyimpanan grafik asli dioptimalkan untuk grafik dalam setiap aspek, memastikan bahwa data disimpan secara efisien dengan menulis node dan hubungan yang berdekatan.

Kelebihan Database Grafik (Graph Database)

  • Fleksibilitas
    Data yang diambil dapat dengan mudah diubah dan diperluas untuk atribut dan objek tambahan.
  • Pencarian
    Anda dapat menjalankan pencarian berbasis hubungan dengan cepat seperti “Kampus mana yang memiliki banyak mahasiswa?”
  • Pengindeksan
    Database grafik secara alami diindeks oleh hubungan (kekuatan model yang mendasarinya), memberikan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan data relasional untuk data

Kekurangan Database Grafik (Graph Database)

  • Database grafik tidak menciptakan hubungan yang lebih baik. Mereka hanya menyediakan pengambilan data yang cepat untuk data yang terhubung. Pencarian yang ditingkatkan itu bagus tetapi tidak jika hubungan itu tidak ditangkap secara efektif sejak awal.
  • Database grafik tidak begitu berguna untuk kasus penggunaan operasional karena tidak efisien dalam memproses transaksi bervolume tinggi dan tidak pandai menangani kueri yang menjangkau seluruh database. Karena mereka tidak dioptimalkan untuk menyimpan dan mengambil entitas bisnis seperti pelanggan atau pemasok, Anda perlu menggabungkan database grafik dengan database relasional atau NoSQL.
  • Database grafik hanyalah penyimpanan data dan tidak memberi Anda antarmuka pengguna yang berhadapan langsung dengan bisnis untuk membuat kueri atau mengelola hubungan. Selain itu, ini tidak akan menyediakan fungsi kecocokan dan penyintas lanjutan atau kemampuan kualitas data.
  • Database grafik tidak dioptimalkan untuk kueri analitik volume besar yang khas dari data warehousing.

Demikian pembahasan tentang Mengenal Database Grafik (Graph Database). Semoga bermanfaat dan terima kasih. 🙂