Malware Baru Ini Membahayakan HP ANDROID Anda

Para peneliti keamanan siber menemukan jenis malware baru yang menyamar sebagai update sistem operasi Android. Malware jenis ini dapat mengambil alih kontrol ponsel Android yang dimiliki pengguna dan malware ini akan mencuri data di dalamnya.

Malware ini ditemukan para peneliti di dalam aplikasi bernama ‘System Update’ yang harus diinstal di luar Google Play Store. Ketika pengguna melakukan instalasi aplikasi tersebut maka aplikasi itu akan bersembunyi dan diam-diam memindahkan data dari perangkat korban ke server operator malware. Malware ini sangat Membahayakan.

Malware jenis baru ini bisa membuat notifikasi palsu yang membuat ponsel seolah sedang mencari update untuk sistem operasi. Setelah malware ini diinstal maka akan terjadi hubungan antara ponsel dan server Firebase milik operator yang digunakan untuk mengontrol ponsel dari jarak jauh.

Notifikasi Palsu Setelah Malware Aktif
Notifikasi Palsu Setelah Malware Aktif – dok. Zimperium

Setelah malware aktif, malware ini dapat melacak lokasi korban, mencari dokumen serta mengambil data salinan dari clipboard, dan mengambil foto menggunakan kamera ponsel. Yang paling berbahaya, malware ini akan mencuri kontak, pesan, detail perangkat, dan riwayat pencarian di browser.

Malware ini akan beraksi secara sembunyi dan sengaja mengurangi kuota data yang dipakai dengan cara mengirimkan thumbnail ke server, bukan gambar penuh. Malware ini juga terus mengambil data terbaru pada ponsel Android, termasuk lokasi, foto, kontak, dan pesan.

Pihak Zimperium mengatakan malware ini kemungkinan sengaja dibuat sebagai taktik serangan yang ditargetkan. Pihak Zimperium masih belum mengetahui siapa atau pihak mana yang membuat malware ini dan siapa yang ditargetkan oleh serangan malware tersebut.

Zimperium mengakui bahwa malware ini adalah malware yang paling canggih yang pernah mereka lihat. Dan sepertinya banyak waktu dan upaya yang dihabiskan untuk menciptakan aplikasi malware tersebut.

Pihak Zimperium memastikan bahwa aplikasi jahat ini tidak pernah muncul di Google Play Store, jadi pengguna Android seharusnya dapat menghindari malware jenis ini.

Sangat dianjurkan untuk seluruh pengguna Android untuk tidak melakukan instalasi aplikasi apapun dari sumber yang tidak jelas demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti aplikasi malware yang ikut masuk secara sembunyi-sembunyi.

Demikian pembahasan tentang Hati-hati Pengguna HP Android, Malware Baru Ini Membahayakan HP Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.