Printer Di DUNIA – Pengertian, Fungsi, Jenis, Gambar Lengkap

PENGERTIAN PRINTER

Printer adalah perangkat keras yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas atau bahan lainnya.

FUNGSI PRINTER

Printer berfungsi sebagai alat pencetak atau menampilkan data berupa hardcopy (salinan fisik) dari komputer kepada pengguna secara langsung. Data yang dicetak ini dapat berupa foto, dokumen, surat, dan arsip.

JENIS-JENIS PRINTER
      • Printer Dot Matrix
        Printer Dot Matrix adalah printer yang mencetak hasil di atas kertas menggunakan pita satu warna, bisa hitam atau merah.  Hasil cetaka Printer Dot Matrix merupakan titik-titik kecil yang tersusun menjadi sebuah karakter. Hasil cetak Printer Dot Matrix kasar dan kurang bagus. Proses cetak juga sangat lambat.

        Printer Dot Matrix
      • Printer Laser Jet
        Printer Laser Jet adalah jenis printer yang mencetak ke atas kertas menggunakan laser dengan cara membubuhkan tinta bubuk (toner) ke atas kertas. Printer Laser Jet mencetak lebih cepat dan hasilnya cepat kering.

        Printer Laser Jet
      • Printer InkJet
        Printer Inkjet adalah jenis printer yang mencetak hasil ke atas kertas dengan menggunakan sistem tinta. Cara kerja printer Inkjet adalah menempatkan sebuah plat magnet yang mengalirkan tinta untuk membentuk gambar atau dokumen ke atas kertas.

        Printer InkJet
      • Printer Label Inkjet
        Printer Label Inkjet adalah jenis printer inkjet yang digunakan untuk mencetak label untuk ditempel ke barang-barang elektronik dan lainnya.

        Printer Label Inkjet