Istilah-istilah Dunia Komputer – Bagian D

Daftar Isi

DAC , Daemon , Dashboard , Data , Data Management , Data Transfer Rate , Data Type , Database , DBMS , DDL , DDR , DDR2 , DDR3 , DDR4 , DDR5 , Debug , Debugger , Default , Defragment , Degauss , Del.icio.us , Delete , Desktop , Desktop Computer , Desktop Publishing , DHCP , Dial-up , Dialog Box , Digital , Digital Camera , Digital Signature , Digitize , DIMM , Direct Digital Marketing , Direct3D , Directory , DirectX , Disk Drive , Disk Image , Dithering , DLL , DMA , DNS , DNS Record , Dock , Document , Domain , Domain Name , Domain Suffix , DOS , Dot Matrix , Dot Pitch , Double Click , Download , DPI , DRAM , Driver , DRM , Drop Down Menu , DSL , DSLAM , DTD , Dual-Core , DV , DVD , DVD R , DVD RW , DVI , DVR

DAC

DAC Singkatan dari “Digital-to-Analog Converter” dan sering dilafalkan “dac”. Pengertian DAC adalah sebuah konverter mengubah audio digital menjadi sinyal analog. Konversi ini biasanya terjadi di kartu suara, yang memiliki DAC bawaan. Karena komputer hanya mengenali informasi digital, keluaran yang dihasilkan oleh komputer biasanya dalam format digital. Namun, beberapa perangkat keluaran hanya menerima masukan analog, yang berarti konverter digital-ke-analog, atau DAC, harus digunakan.

Sinyal digital, yang pada dasarnya adalah aliran satu dan nol, diubah menjadi sinyal analog yang mungkin berbentuk muatan listrik. Muatan listrik ini dikenali oleh kebanyakan input speaker dan oleh karena itu dapat menjadi output ke sistem speaker.

DAC juga digunakan untuk mengubah sinyal video. Secara historis, sebagian besar tampilan video, seperti TV dan monitor komputer menggunakan input analog.

Daemon

Dalam dunia komputer, pengertian daemon komputer adalah program yang terus berjalan yang memicu tindakan saat menerima masukan tertentu. Kata “daemon” sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, yang berarti “roh yang ada di dalam atau yang menyertai” (Oxford American Dictionary).

Misalnya, daemon printer mengumpulkan informasi ke printer ketika pengguna memutuskan untuk mencetak dokumen. Daemon yang berjalan di server email merutekan email masuk ke kotak surat yang sesuai. Server web menggunakan daemon “HTTPD” yang mengirimkan data ke pengguna saat mereka mengakses halaman Web.

Dashboard

Pengertian Dashboard adalah fitur antarmuka pengguna yang diperkenalkan Apple dengan rilis Mac OS X 10.4 Tiger. Ini memungkinkan akses ke semua jenis “widget” yang menunjukkan waktu, cuaca, harga saham, nomor telepon, dan data berguna lainnya.

Data

Pengertian Data komputer adalah informasi yang diolah atau disimpan oleh komputer. Informasi ini dapat berupa dokumen teks, gambar, klip audio, program perangkat lunak, atau jenis data lainnya. Data komputer dapat diproses oleh CPU komputer dan disimpan dalam file dan folder pada hard disk komputer.

Data Management

Pengertian Data management adalah sebuah cara individu, perusahaan, dan organisasi mengelola data komputer. Ini mencakup aplikasi mikro, seperti arsitektur dan desain data, serta aplikasi makro, termasuk penyimpanan data, akses, dan keamanan.

Data Transfer Rate

Pengertian Data transfer rate adalah pengukur seberapa cepat data ditransfer dari satu lokasi ke lokasi lain.

Data Type

Pengertian Data type adalah format penyimpanan data yang bisa berisi tipe atau rentang nilai tertentu.. Tentu saja, itu definisi yang agak melingkar, dan juga tidak terlalu membantu.

Database

Pengertian Database adalah kumpulan data yang disimpan dalam format terstruktur. Ini mencakup satu atau beberapa tabel, yang masing-masing berisi beberapa bidang. Setiap bidang diberi tipe data tertentu, seperti string atau integer.

DBMS

DBMS Singkatan dari “Database Management System.” Pengertian DBMS adalah sistem perangkat lunak yang menggunakan metode standar untuk membuat katalog, mengambil, dan menjalankan kueri pada data. DBMS mengelola data yang masuk, mengelolanya, dan menyediakan cara agar data dapat dimodifikasi atau diekstraksi oleh pengguna atau program lain.

DDL

DDL adalah singkatan dari “Data Definition Language.” Pengertian DDL adalah penentu struktur database, termasuk tabel, kolom, dan tipe data yang dikandungnya. DDL yang paling umum adalah subset SQL, Bahasa Kueri Terstruktur. Namun, DDL juga dapat digunakan untuk mendeskripsikan tipe struktur data lainnya, termasuk skema XML dan model data lainnya.

DDR

DDR singkatan dari “Double Data Rate.” DDR adalah versi lanjutan dari SDRAM, sejenis memori komputer. DDR-SDRAM, terkadang disebut “SDRAM II”, dapat mentransfer data dua kali lebih cepat dari chip SDRAM biasa. Ini karena memori DDR dapat mengirim dan menerima sinyal dua kali per siklus clock.

DDR2

DDR2 singkatan dari “Double Data Rate 2.” RAM DDR2 adalah versi peningkatan memori DDR yang lebih cepat dan lebih efisien. Seperti memori DDR standar, memori DDR2 dapat mengirim data pada tepi naik dan turun dari siklus jam prosesor.

DDR3

DDR3 singkatan dari “Double Data Rate Type 3.” DDR3 adalah spesifikasi SDRAM yang diperkenalkan pada tahun 2007. Dibandingkan dengan standar DDR2 sebelumnya, DDR3 menggunakan daya 30% lebih sedikit dan memberikan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat.

Ada beberapa jenis memori DDR3, menyediakan kisaran kecepatan transfer data maksimum. Versi pertama memori DDR3, yang disebut DDR3-800 (juga “PC3-6400”) memberikan kecepatan transfer puncak 6.400 MB / s. Spesifikasi lainnya termasuk DDR3-1066, DDR3-1333, DDR3-1600, DDR3-1866, dan DDR3-2133. DDR3-2133 (juga disebut PC3-17000) mendukung kecepatan transfer puncak 17.067 MB / s.

DDR4

DDR4 singkatan dari “Double Data Rate Type 4.” DDR4 adalah pengembangan dari semua versi DDR sebelumnya. Kecepatan transfer data semakin besar, yaitu mulai dari 2133 MHz.

DDR5

DDR5 singkatan dari “Double Data Rate Type 5.” DDR5 adalah pengembangan dari semua versi DDR sebelumnya. Kecepatan transfer data semakin besar, yaitu hingga 8400 MHZ.

Debug

Pengertian Debug adalah proses perbaikan kesalahan pada sebuah program sebelum merilis program atau perangkat lunak tersebut ke publik. Pemrogram komputer, seperti orang lain, tidaklah sempurna. Ini berarti program yang mereka tulis terkadang memiliki kesalahan kecil, yang disebut “bug”, di dalamnya. Bug ini bisa kecil, seperti tidak mengenali input pengguna, atau yang lebih serius, seperti kebocoran memori yang membuat program lumpuh. Sebelum merilis perangkat lunak mereka ke publik, pemrogram “men-debug” program mereka, menghilangkan sebanyak mungkin kesalahan. Proses debugging ini sering kali membutuhkan waktu lama, karena memperbaiki beberapa kesalahan dapat menyebabkan kesalahan lain.

Debugger

Pengertian Debugger adalah program yang membantu pengembang perangkat lunak menemukan dan menghilangkan bug saat mereka menulis program. Debugger memberi tahu programmer jenis kesalahan apa yang ditemukannya dan sering menandai baris kode yang tepat tempat bug ditemukan. Debugger juga mengizinkan pemrogram untuk menjalankan program selangkah demi selangkah sehingga mereka dapat menentukan dengan tepat kapan dan mengapa program macet. Debugger tingkat lanjut memberikan informasi rinci tentang utas dan memori yang digunakan oleh program selama setiap langkah eksekusi.

Default

Pengertian Default adalah nilai yang digunakan saat pengaturan belum ditentukan oleh pengguna. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan nilai preset untuk beberapa opsi dalam program komputer.

“Default” juga bisa digunakan sebagai kata kerja. Jika pengaturan kustom tidak berfungsi karena alasan tertentu, program akan “default” ke pengaturan default.

Defragment

Pengertian Defragment adalah proses terbaik untuk meningkatkan kinerja hard disk komputer Anda. Meskipun istilah “defragment” terdengar agak kasar, sebenarnya ini adalah proses yang sederhana dan membantu. Bagaimanapun, hard disk yang didefragmentasi adalah hard disk yang menyenangkan.

Degauss

Pengertian Degauss adalah fitur pada monitor yang mengeluarkan suara berdengung dan menyebabkan layar menjadi goyang sesaat. Meskipun itulah tujuan utamanya, tombol degauss memiliki fitur berguna lainnya. Untuk memahaminya, pertama-tama Anda harus mengetahui bahwa bumi memiliki medan magnet alami. Muatan magnet dari bidang ini dapat menumpuk di dalam monitor Anda, menyebabkan hilangnya akurasi warna. Degaussing menakuti magnet buruk dari monitor dan mengisinya dengan karma baik.

Del.icio.us

Del.icio.us, dilafalkan secara sederhana “lezat”. Pengertian Del.icio.us adalah situs web penanda komunitas tempat pengguna dapat menyimpan halaman Web yang mereka temukan dan membaginya dengan pengguna lain. Karena bookmark pengguna dibuat untuk umum dan dapat dilihat oleh pengguna lain, orang lain sering menandai halaman Web yang mereka temukan di dalam bookmark pengguna lain. Del.icio.us melacak berapa banyak orang yang menandai setiap situs dan memposting situs web paling populer di halaman beranda.

Delete

Pengertian Delete adalah menghapus. Anda dapat menghapus teks dari dokumen menghapus seluruh file atau folder dari hard drive Anda.

Desktop

Desktop pada komputer Anda mirip seperti desktop fisik. Anda mungkin menyimpan sejumlah barang yang biasa digunakan di meja Anda seperti pena, kertas, folder, dan barang lainnya. Desktop komputer Anda memiliki tujuan yang sama – untuk memberi Anda akses mudah ke item di hard drive Anda. Merupakan hal yang umum untuk menyimpan file, folder, dan program yang sering digunakan di desktop Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengakses item dengan cepat.

Desktop Computer

Pengertian Desktop Computer (Personal Computer) adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh satu orang saja / pribadi. Biasanya komputer ini adanya di lingkungan rumah, kantor dan toko. Jenis komputer ini biasanya tidak dapat dibawa-dibawa seperti komputer portable (laptop). Desktop itu diambil dari kata Desk dan Top yang artinya “Di atas meja”, sehingga sifatnya biasanya permanen dan jarang dipindahkan.Fungsi utama dari jenis komputer tipe Desktop PC ini adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna). Jenis komputer Desktop PC ini dikenal sebagai mikrokomputer pertama.

Desktop Publishing

Pengertian Desktop Publishing adalah penggunaan komputer yang bertujuan untuk membuat dokumen yang dapat dicetak. Namun, istilah ini paling sering digunakan untuk merujuk pada penerbitan profesional berbasis komputer. Desktop Publishing menggunakan program seperti Adobe InDesign dan QuarkXpress untuk membuat tata letak halaman untuk dokumen yang ingin mereka cetak. Program Desktop Publishing ini dapat digunakan untuk membuat buku, majalah, surat kabar, brosur, pamflet, dan banyak jenis dokumen cetak lainnya. Penerbit juga dapat menggunakan program seperti Adobe Photoshop dan Illustrator untuk membuat gambar yang dapat dicetak. Bahkan program pengolah kata seperti Microsoft Word dapat digunakan untuk tujuan Desktop Publishing dasar.

DHCP

DHCP singkatan dari “Dynamic Host Configuration Protocol.” Pengertian DHCP adalah sebuah protokol yang digunakan server jaringan untuk menetapkan alamat IP secara dinamis ke komputer jaringan. Server DHCP menunggu komputer untuk terhubung dengannya, lalu memberikannya alamat IP dari daftar master yang disimpan di server. DHCP membantu dalam menyiapkan jaringan besar, karena alamat IP tidak harus ditetapkan secara manual ke setiap komputer di jaringan. Karena otomatisasi apik yang terlibat dengan DHCP, ini adalah protokol jaringan yang paling umum digunakan.

Dial-up

Pengertian dial-up adalah koneksi yang menggunakan modem untuk terhubung ke ISP atau komputer lain. Ini menggunakan saluran telepon analog standar untuk mentransfer data hingga 56 Kbps. Sebelum tahun 2000, dial-up adalah cara standar untuk terhubung ke Internet.

Dialog Box

Pengertian Dialog box adalah jendela yang muncul di layar dengan opsi yang dapat dipilih pengguna. Sesuai dengan namanya, Dialog Box berfungsi untuk memulai dialog dengan pengguna. Setelah pemilihan dibuat, pengguna biasanya dapat mengklik “OK” untuk memasukkan perubahan atau “Batal” untuk membuang pilihan.

Digital

Pegertian Digital adalah informasi yang disimpan menggunakan serangkaian satu dan nol. Komputer adalah mesin digital karena mereka hanya dapat membaca informasi saat hidup atau mati – 1 atau 0. Metode komputasi ini, juga dikenal sebagai sistem biner, mungkin tampak agak sederhana, tetapi dapat digunakan untuk merepresentasikan jumlah data yang luar biasa. CD dan DVD dapat digunakan untuk menyimpan dan memutar ulang suara dan video berkualitas tinggi meskipun seluruhnya terdiri dari satu dan nol.

Digital Camera

Pengertian Digital Camera (Kamera digital) adalah perangkat elektronik yang menangkap gambar dalam format digital. Ini bekerja dengan cara yang mirip dengan kamera berbasis film, tetapi menggunakan sensor yang disebut CCD untuk merekam gambar daripada strip film. Setelah gambar atau video ditangkap oleh CCD, itu akan disimpan ke kartu memori, seperti kartu SD. Gambar dan video yang disimpan ke kartu memori dapat diimpor ke komputer.

Digital Signature

Pengertian Digital Signature adalah blok data yang dapat dilampirkan ke dokumen seperti PDF, file pengolah kata, dan pesan email. Ini berisi kode unik yang memverifikasi identitas seseorang. Banyak program memungkinkan pengguna untuk “menandatangani secara digital” dokumen, yang menambahkan tanda tangan digital ke file. Dengan menggunakan tanda tangan digital, pengguna dapat mengesahkan dokumen yang mereka buat atau menyetujui dokumen yang diterima dari orang lain.

Digitize

Pengertian digitize adalah mengubah sinyal dari analog ke digital. Misalnya, jika Anda mengimpor pita VHS dari VCR ke komputer Anda, Anda dapat menggunakan pengonversi analog-ke-digital (DAC) untuk mengubah sinyal analog menjadi aliran data digital. Ini karena komputer merupakan perangkat digital dan hanya dapat membaca data digital.

DIMM

DIMM singkatan dari “Dual In-Line Memory Module.” Ini adalah jenis memori komputer. Pengertian DIMM adalah papan sirkuit kecil yang menampung chip memori. Ini menggunakan bus 64-bit ke memori, sedangkan modul memori in-line tunggal (SIMM) hanya memiliki jalur 32-bit. Ini memungkinkan DIMM mentransfer lebih banyak data sekaligus. Karena DIMM memiliki kemampuan transfer data yang lebih cepat daripada SIMM.

Direct Digital Marketing

Pengertian Direct Digital Marketing (DDM) adalah jenis pemasaran yang dilakukan melalui media digital. Media DDM umum termasuk Web, email, dan telepon seluler. Jalur pemasaran ini memberikan keuntungan unik dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan email dan pesan teks untuk mengirim pesan promosi dengan sedikit biaya atau tanpa biaya. Demikian pula, iklan Web memungkinkan perusahaan untuk hanya membayar arahan yang mengarahkan pengguna ke situs web mereka atau menghasilkan penjualan. Masing-masing jenis DDM ini memberikan cara yang efisien bagi perusahaan untuk menggunakan anggaran iklan mereka.

Direct3D

Pengertian Direct3D adalah antarmuka program aplikasi (API) yang dikembangkan oleh Microsoft yang menyediakan sekumpulan perintah dan fungsi untuk memanipulasi objek 3D. Dengan menggunakan perintah Direct3D, pengembang perangkat lunak dapat memanfaatkan banyak fungsi yang telah ditulis sebelumnya. Hal ini memungkinkan pemrogram untuk menulis kode yang jauh lebih sedikit daripada jika mereka harus menulis semua fungsi dari awal. Direct3D membuatnya relatif mudah untuk mengelola objek tiga dimensi, termasuk pencahayaan dan bayangan juga.

Directory

Pengertian Direktori adalah nama lain untuk folder. File pada hard disk Anda diatur ke dalam berbagai folder, atau direktori, sehingga lebih mudah untuk melacaknya. Misalnya, Anda dapat menyimpan gambar Anda di satu folder dan file musik Anda di folder lain. Folder juga dapat berisi folder lain, memungkinkan organisasi yang lebih spesifik.

DirectX

Pengertian DirectX adalah sekumpulan perintah dan fungsi standar yang dapat digunakan oleh pengembang perangkat lunak saat membuat program mereka. Meskipun program perangkat lunak berbasis Windows dapat menyertakan perintah DirectX, perintah tersebut biasanya digunakan dalam permainan video. Misalnya, pengembang dapat menggunakan DirectX untuk mengontrol pemutaran video, efek suara, dan input periferal (seperti keyboard, mouse, atau joystick). Dengan memasukkan fungsi DirectX ke dalam permainan komputer, pemrogram dapat menggunakan perintah yang telah ditentukan sebelumnya untuk mengelola video dan suara permainan mereka, serta masukan pengguna.

Disk Drive

Pengertian Disk Drive adalah istilah umum yang menjelaskan perangkat yang membaca dan / atau menulis data ke disk. Ini sering digunakan secara sinonim dengan “hard disk drive,”

Disk Image

Pengertian Disk Image adalah salinan gambar perangkat lunak dari disk fisik. Ini menyimpan seluruh data dari disk, termasuk struktur file dan semua file dan folder dari disk, dalam satu file. Karena gambar disk adalah salinan persis, atau “klon”, dari disk asli, gambar tersebut dapat digunakan untuk menggandakan disk atau berfungsi sebagai cadangan penuh jika pemulihan sistem harus dilakukan.

Dithering

Pengertian Dithering adalah proses yang dapat diterapkan pada gambar digital dan file audio. Untuk gambar digital, dithering menambahkan noise grafis, atau graininess pada gambar untuk memperhalus transisi antar warna. Dengan audio digital, dithering menambahkan gangguan digital ke trek audio, yang memperhalus bentuk gelombang dan suara.

DLL

DLL singkatan dari “Dynamic Link Library”. Pengertian DLL adalah file yang berisi pustaka fungsi dan informasi lain yang dapat diakses oleh program Windows. Saat program diluncurkan, tautan ke file .dll yang diperlukan dibuat. Jika tautan statis dibuat, file .dll akan digunakan selama program aktif. Jika tautan dinamis dibuat, file .dll hanya akan digunakan bila diperlukan. Tautan dinamis membantu program menggunakan sumber daya, seperti memori dan ruang hard drive, dengan lebih efisien.

DMA

DMA singkatan dari “Direct Memory Access.” Pengertian DMA adalah metode mentransfer data dari RAM komputer ke bagian lain dari komputer tanpa memprosesnya menggunakan CPU. Meskipun sebagian besar data yang merupakan input atau output dari komputer Anda diproses oleh CPU, beberapa data tidak memerlukan pemrosesan, atau dapat diproses oleh perangkat lain. Dalam situasi ini, DMA dapat menghemat waktu pemrosesan dan merupakan cara yang lebih efisien untuk memindahkan data dari memori komputer ke perangkat lain.

DNS

DNS singkatan dari “Domain Name System.” Pengertian DNS adalah nama domain yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan mengingat tampilan nama dari sebuah situs. Tujuan utama DNS adalah untuk menjaga agar para penjelajah Web tetap sadar. Tanpa DNS, anda harus mengingat alamat IP dari setiap situs yang ingin anda kunjungi, bukan hanya nama domainnya. Dapatkah Anda membayangkan harus mengingat “167.43.14.100” bukan hanya “pc.net”? Meskipun saya memiliki beberapa teman Ilmu Komputer yang mungkin lebih suka ini, kebanyakan orang lebih mudah mengingat nama sederhana.

DNS Record

Pengertian DNS Record adalah penerjemah nama domain ke alamat IP dan disimpan dalam sebuah file. DNS Record disimpan dalam file zona dan digunakan untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP. Mereka juga berisi data lain termasuk name server, domain name dan informasi server email. Jika ada domain name aliases seperti “www” yang umum digunakan sebelum nama domain, ini juga akan dicantumkan dalam data DNS.

Dock

Pengertian Dock adalah fitur Mac OS X Finder yang menyediakan akses cepat ke program, file, dan folder. Secara default, Dock berada di bagian bawah layar, meskipun dapat dipindahkan ke kiri atau kanan dan dapat disembunyikan jika diinginkan. Ini berisi ikon aplikasi di sisi kiri dan file dan folder di sebelah kanan. Anda dapat membuka program dan file langsung dari Dock dan dapat menambah atau menghapus item dengan menyeret ikon yang sesuai ke atau dari Dock.

Document

Pengertian Document adalah jenis file yang telah dibuat atau disimpan oleh aplikasi. Misalnya, file teks yang disimpan dengan Microsoft Word dianggap sebagai Document, sedangkan pustaka sistem, seperti file .DLL, bukan. Contoh Document termasuk file pengolah kata, spreadsheet, presentasi, file audio, file video, dan proyek media yang disimpan.

Domain

Pengertian domain adalah sekelompok komputer yang dapat diakses dan dikelola dengan seperangkat aturan umum. Meskipun istilah “domain” sering digunakan secara sinonim dengan “nama domain”, istilah ini juga memiliki definisi khusus untuk jaringan lokal. Menyiapkan domain juga dapat memblokir lalu lintas dari luar mengakses komputer dalam jaringan, yang menambah tingkat keamanan ekstra.

Domain Name

Pengertian Domain Name adalah sebuah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi situs web. Bisnis biasanya memiliki nama domain yaitu nama mereka dengan akhiran domain “.com”. Saat Anda mengakses situs web di browser web, nama domain sebenarnya diterjemahkan ke nomor tertentu yang disebut alamat IP. Terjemahan ini dilakukan oleh sistem yang disebut DNS, yang mengarahkan browser Anda ke lokasi yang sesuai.

Domain Suffix

Pengertian Domain Suffix adalah bagian terakhir dari nama domain. Contoh umum termasuk “.com”, “.net,” dan “.org,” meskipun ada banyak contoh lainnya. Misalnya, akhiran domain khusus negara seperti “.uk,” dan “.se”, dan “.jp” dapat digunakan untuk mengidentifikasi situs web yang berlokasi di Inggris Raya, Swedia, dan Jepang.

DOS

DOS singkatan dari “Disk Operating System.” Pengertian DOS adalah sistem operasi pertama yang digunakan oleh komputer yang kompatibel dengan IBM. Awalnya tersedia dalam dua versi yang pada dasarnya sama, tetapi dipasarkan dengan dua nama berbeda. “PC-DOS” adalah versi yang dikembangkan oleh IBM dan dijual ke produsen pertama yang kompatibel dengan IBM. “MS-DOS” adalah versi yang haknya dibeli oleh Microsoft, dan digabungkan dengan versi Windows pertama.
https://situsilmu.com/wp-admin/plugins.php
DOS menggunakan baris perintah, atau antarmuka berbasis teks, yang memungkinkan pengguna untuk mengetik perintah. Dengan mengetik instruksi sederhana seperti pwd (print working directory) dan cd (change directory), pengguna dapat menelusuri file di hard drive, membuka file, dan menjalankan program.

Dot Matrix

Pengertian Dot Matrix adalah matriks titik-titik 2D yang dapat mewakili gambar, simbol, atau karakter. Mereka digunakan untuk tampilan elektronik, seperti monitor komputer dan layar LED, serta keluaran cetak.

Dalam tampilan dot matrix, gambar diestimasi menggunakan kumpulan titik diskrit, bukan garis dan bentuk. Oleh karena itu, semakin banyak titik yang digunakan, representasi gambar akan semakin jelas dan akurat.

Dot Pitch

Pengertian Dot Pitch adalah pengukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa tajam tampilan monitor CRT (Cathode Ray Tube). Itu diukur dalam milimeter dan semakin kecil angkanya, semakin bagus gambarnya. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch antara 0,25 dan 0,28. Namun, beberapa monitor presentasi besar memiliki dot pitch dari 0,30 hingga 0,50 (yang akan membuat gambar benar-benar kabur pada monitor desktop standar 17 “). Perbedaan antara” dot “(seperti dalam dot pitch) dan piksel adalah piksel dipetakan ke Dot-Dot di layar. Saat monitor disetel ke resolusi yang lebih rendah, satu piksel mencakup beberapa Dot. Jadi, piksel biasanya lebih besar dari “Dot” di layar sebenarnya.

Double Click

Pengertian Double Click adalah mengklik tombol mouse dengan cepat dua kali. Untuk melakukan Double Click, dan bukan hanya dua klik, tombol mouse harus ditekan dua kali dalam waktu yang sangat singkat

Download

Pengertian download adalah proses pengiriman data ke komputer Anda. Kapanpun Anda menerima informasi dari Internet, Anda sedang mendownloadnya ke komputer Anda. Misalnya, Anda mungkin harus mengunduh pemutakhiran untuk sistem operasi komputer Anda

DPI

DPI singkatan dari “Dots Per Inch.” Pengertian DPI adalah pengukur resolusi gambar baik di layar maupun di cetakan. Seperti namanya, DPI digunakan untuk mengukur berapa banyak titik yang masuk ke dalam inci linier. Oleh karena itu, semakin tinggi DPI, semakin banyak detail yang dapat ditampilkan dalam sebuah gambar.

DRAM

DRAM singkatan dari “Dynamic Random Access Memory.” Pengertian DRAM adalah jenis RAM yang menyimpan setiap bit data pada kapasitor terpisah. Ini adalah cara yang efisien untuk menyimpan data dalam memori, karena memerlukan lebih sedikit ruang fisik untuk menyimpan jumlah data yang sama dibandingkan jika disimpan secara statis. Oleh karena itu, chip DRAM dapat menampung lebih banyak data daripada chip SRAM (RAM statis) dengan ukuran yang sama. Namun, kapasitor di DRAM perlu terus-menerus disegarkan untuk menjaga daya, jadi DRAM membutuhkan daya lebih dari SRAM.

Driver

Dalam dunia komputer, Pengertian driver adalah file kecil yang membantu komputer berkomunikasi dengan perangkat keras tertentu. Ini berisi informasi yang dibutuhkan komputer untuk mengenali dan mengontrol perangkat.

DRM

DRM singkatan dari “Digital Rights Management.” Pengertian DRM adalah kumpulan sistem yang digunakan untuk melindungi hak cipta media elektronik. Ini termasuk musik dan film digital, serta data lain yang disimpan dan ditransfer secara digital.

Pengertian Menu drop-down adalah menu horizontal yang menampilkan daftar opsi ketika salah satu item menu utama dipilih. Opsi ini biasanya “tarik-turun” di bawah item menu yang dipilih. Menu tarik-turun dapat digunakan dalam program (seperti bilah menu standar), serta situs web. Menu tarik-turun situs web sering kali digunakan untuk tujuan navigasi dan biasanya dibuat menggunakan HTML dinamis (DHTML). Mereka dapat membantu menyederhanakan navigasi karena mereka menyediakan akses satu klik ke lebih banyak halaman daripada yang diizinkan oleh bilah navigasi statis.

DSL

DSL singkatan dari “Digital Subscriber Line.” Pengertian DSL adalah media untuk mentransfer data melalui saluran telepon biasa dan dapat digunakan untuk terhubung ke Internet. Namun, seperti modem kabel, sirkuit DSL jauh lebih cepat daripada koneksi telepon biasa, meskipun kabel yang digunakannya adalah tembaga seperti saluran telepon pada umumnya.

DSLAM

DSLAM singkatan dari “Digital Subscriber Line Access Multiplexer.” Pengertian DSLAM adalah perangkat yang digunakan oleh Penyedia Layanan Internet (ISP) untuk merutekan koneksi DSL masuk ke Internet. Karena “multiplekser” menggabungkan beberapa sinyal menjadi satu, DSLAM menggabungkan sekelompok koneksi pelanggan menjadi satu koneksi Internet agregat.

DTD

DTD singkatan dari “Document Type Definition.” Pengertian DTD adalah penentu tag dan atribut yang digunakan dalam dokumen XML atau HTML. Setiap elemen yang ditentukan dalam DTD dapat digunakan dalam dokumen ini, bersama dengan tag dan atribut yang telah ditentukan sebelumnya yang merupakan bagian dari setiap bahasa markup.

Dual-Core

Pengertiana Prosesor dual-core adalah CPU dengan dua prosesor atau “inti eksekusi” dalam sirkuit terintegrasi yang sama. Setiap prosesor memiliki cache dan pengontrolnya sendiri, yang memungkinkannya berfungsi seefisien prosesor tunggal. Namun, karena kedua prosesor tersebut dihubungkan bersama, mereka dapat melakukan operasi hingga dua kali lebih cepat dari prosesor tunggal.

DV

DV singkatan dari “Video Digital.” Pengertian DV adalah video yang direkam secara digital sebagai nol dan satu. Tidak seperti video analog tradisional, yang direkam bingkai demi bingkai pada pita, video digital direkam secara digital, sebagai satu dan nol. Karena disimpan dalam format digital, video digital dapat dikenali dan diedit oleh komputer yang juga merupakan perangkat digital.

DVD

DVD singkatan dari “Digital Versatile Disc.” Ini juga bisa berarti “Digital Video Disc,” tetapi dengan berbagai kegunaan DVD, istilah “Digital Versatile Disc” lebih tepat. Ya, teknologi yang menamai orang suka membingungkan kita. Pengertian DVD adalah disk optik berkapasitas tinggi yang terlihat seperti CD, tetapi dapat menyimpan lebih banyak informasi. Sementara CD dapat menyimpan 650 hingga 700 MB data, DVD satu sisi dan satu lapisan dapat menyimpan data 4,7 GB. Hal ini memungkinkan aplikasi komputer yang sangat besar dan film berdurasi penuh disimpan pada satu DVD.

DVD R

DVD R singkatan dari “Digital Versatile Disc Recordable.” Disk DVD + R terlihat sama dengan DVD biasa, tetapi dapat digunakan untuk merekam data. Pengertian DVD R adalah perangkat keras yang digunakan untuk membaca data dari keping DVD atau CD.

DVD RW

DVD RW singkatan dari “Digital Versatile Disk Rewritable.” DVD + RW seperti DVD + R, tetapi dapat dihapus dan ditulis ulang. Pengertian DVD RW adalah perangkat keras yang digunakan untuk membaca data dari keping DVD atau CD dan juga untuk merekam (burning) data dari komputer ke keping CD atau DVD.

DVI

DVI singkatan dari “Digital Video Interface.” Pengertian DVI adalah standar koneksi video yang dibuat oleh Digital Display Working Group (DDWG). Sebagian besar port DVI mendukung tampilan analog dan digital. Jika tampilannya analog, sambungan DVI mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Jika tampilan digital, tidak diperlukan konversi.

DVR

DVR singkatan dari “Digital Video Recorder.” Pengertian DVR adalah VCR yang menggunakan hard drive, bukan kaset video. Ini dapat digunakan untuk merekam, menyimpan, dan memutar ulang program televisi. Tidak seperti VCR, DVR juga dapat menjeda siaran lagsung dengan merekam acara saat ini secara real time.