Istilah-istilah Dunia Komputer – Bagian B

Daftar Isi

Backbone ,Backside Bus ,Backup ,Bandwidth ,Banner Ad ,Base Station ,Baseband ,BASIC ,Batch File ,Batch Process ,Baud ,Bcc ,Bespoke ,Beta Software ,Binary ,Bing ,Biometrics ,BIOS ,Bit ,Bitmap ,Bitrate ,BitTorrent ,Blob ,BLOG ,Blu-ray ,Bluetooth ,BMP ,Bookmark ,Boolean ,Boot ,BootDisk ,Boot Sector ,Boot Sequence ,Bot ,Botnet ,Bounce ,bps ,Bridge ,Broadband ,Buffer ,Bug ,Burn ,Bus ,Byte

Backbone

Pengertian Backbone adalah jaringan yang mengacu pada jalur jaringan utama yang menghubungkan beberapa jaringan area lokal (LAN) bersama-sama. Hasilnya adalah jaringan area luas (WAN) yang dihubungkan oleh koneksi backbone.

Backside Bus

Pengertian Backside Bus adalah jenis bus yang melakukan transfer data ke dan dari cache sekunder komputer. Ada dua jenis bus yang membawa data ke dan dari CPU komputer. frontside bus dan backside bus.
frontside bus membawa data antara CPU dan memori, backside bus mentransfer data ke dan dari cache sekunder komputer. Cache sekunder, atau L2 menyimpan fungsi yang sering digunakan dan data lain di dekat prosesor. Ini memungkinkan CPU komputer bekerja lebih efisien karena dapat mengulangi proses lebih cepat.

Backup

Pengertian Backup adalah salinan dari satu atau beberapa file yang dibuat sebagai alternatif jika data asli hilang atau tidak dapat digunakan.

Bandwidth

Pengertian Bandwidth adalah ukuran yang mengacu pada seberapa banyak data yang dapat Anda kirim melalui jaringan atau koneksi modem. Biasanya diukur dalam bit per detik, atau “bps”.

Pengertian Banner Ad adalah iklan spanduk. Ini adalah gambar persegi panjang yang dapat ditempatkan hampir di mana saja

Base Station

Dalam dunia komputer, Pengertian Base Station adalah jalur komunikasi yang mengacu pada titik akses nirkabel untuk komputer dengan kartu nirkabel. Ini pada dasarnya adalah router yang berkomunikasi dengan perangkat berdasarkan standar Wi-Fi.

Baseband

Pengertian Baseband adalah sinyal transmisi asli yang belum dimodulasi, atau telah didemodulasi ke frekuensi aslinya.

BASIC

BASIC singkatan dari “Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code.” Pengertian BASIC adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan pada pertengahan 1960-an untuk memberikan cara bagi siswa dalam menulis program komputer sederhana.

pengembangan BASIC pertama benar-benar berbasis teks, perangkat lunak pemrograman BASIC saat ini memungkinkan pengembang untuk merancang banyak program mereka secara visual, menggunakan antarmuka pengguna grafis. Beberapa program pengembangan BASIC yang lebih populer yang digunakan saat ini termasuk REALbasic dan Microsoft Visual Basic.

Batch File

Pengertian Batch file adalah jenis skrip yang berisi daftar perintah. Perintah ini dijalankan secara berurutan dan dapat digunakan untuk mengotomatiskan proses.

File batch dijalankan oleh program COMMAND.COM, yang merupakan bagian dari DOS dan Windows. Oleh karena itu, file batch hanya dapat dijalankan di dalam sistem operasi Windows. Macintosh dan Unix memiliki alat skrip lain, seperti AppleScript dan perintah shell Unix, yang dapat digunakan untuk tugas serupa.

Batch Process

Pengertian Batch Process adalah proses pelaksanaan daftar perintah secara berurutan. Ini dijalankan oleh sistem operasi komputer menggunakan skrip atau file batch, atau dapat dijalankan dalam program menggunakan alat skrip internal atau makro.

Baud

Pengertian Baud adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur kecepatan sinyal listrik, atau “elemen pensinyalan”, untuk modem, jaringan, kabel serial, dan media transfer data lainnya.

Bcc

BCC singkatan dari “Blind Carbon Copy”. Pengertian BCC adalah alamat email yang dicantumkan saat mengirim email hanya ke satu orang, ketikkan alamat penerima di bidang “Kepada:”. Saat Anda mengirim pesan ke lebih dari satu orang, Anda memiliki opsi untuk memasukkan alamat di bidang “Cc:” dan “Bcc:”. “Cc” adalah singkatan dari “Carbon Copy”, sedangkan “Bcc” adalah singkatan dari “Blind Carbon Copy”.

Salinan karbon, atau pesan “Cc” adalah email yang disalin ke satu atau beberapa penerima. Penerima utama (yang alamatnya ada di bidang “Kepada:”) dan penerima Cc dapat melihat semua alamat tujuan pengiriman pesan. Jika pesan adalah blind carbon copy, baik penerima utama maupun penerima Bcc tidak dapat melihat alamat di kolom “Bcc:”.

Bespoke

Pengertian Bespoke adalah hal yang mengacu pada layanan atau produk kustom. Bespoke berasal dari Inggris yang awalnya mengacu pada pakaian adat atau pakaian yang dibuat khusus. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, istilah tersebut telah diterapkan pada teknologi informasi (TI).

Beta Software

Pengertian Beta Softaware adalah fase uji coba program perangkat lunak komersial sebelum dirilis ke publik. Selama tahap ini, perangkat lunak diuji untuk bug, crash, kesalahan, inkonsistensi, dan masalah lainnya. Meskipun perangkat lunak versi beta dulu hanya tersedia untuk pengembang, sekarang terkadang tersedia untuk diuji oleh masyarakat umum.

Binary

Pengertian Biner adalah sistem numerik dua digit (Basis-2), yang digunakan komputer untuk menyimpan data dan menghitung fungsi. Alasan komputer menggunakan sistem biner adalah karena sakelar digital di dalam komputer hanya dapat diatur ke on atau off, yang diwakili oleh 1 atau 0. Meskipun sistem biner hanya terdiri dari satu dan nol, dua digit tersebut dapat digunakan untuk mewakili nomor apa pun.

Bing

Pengertian Bing adalah mesin pencari yang dibuat oleh Microsoft. Ini berkembang dari “MSN Search,” yang kemudian berganti nama menjadi “Windows Live Search,” lalu “Live Search.” Pada tahun 2009, Microsoft memutuskan untuk mengubah mesin pencari mereka dan memberinya nama sederhana yang mudah diingat dan diucapkan – “Bing.”

Biometrics

Pengertian Biometrik adalah teknologi yang digunakan untuk mendeteksi dan mengenali karakteristik fisik manusia. Dalam dunia TI, biometrik sering kali identik dengan “otentikasi biometrik”, sejenis otorisasi keamanan berdasarkan masukan biometrik.

Ada beberapa jenis otentikasi biometrik. Contoh umum termasuk pemindaian sidik jari, pemindaian retinal, pengenalan wajah, dan analisis suara.

BIOS

BIOS singkatan dari “Basic Input / Output System.” Pengertian BIOS adalah program yang telah diinstal sebelumnya di komputer berbasis Windows (bukan di Mac) yang digunakan komputer untuk memulai. CPU mengakses BIOS bahkan sebelum sistem operasi dimuat. BIOS kemudian memeriksa semua koneksi perangkat keras Anda dan menemukan semua perangkat Anda. Jika semuanya baik-baik saja, BIOS memuat sistem operasi ke dalam memori komputer dan menyelesaikan proses boot-up.

BIOS juga digunakan setelah komputer di-boot. Ini bertindak sebagai perantara antara CPU dan perangkat I / O (input / output). Karena adanya BIOS, program dan sistem operasi Anda tidak perlu mengetahui detail pasti (seperti alamat perangkat keras) tentang perangkat I / O yang terpasang ke PC Anda. Saat detail perangkat berubah, hanya BIOS yang perlu diperbarui.

Bit

Istilah komputer “bit” berasal dari frase “Binary DigIT”. Pengertian Bit adalah satu digit angka dalam basis 2 (nol atau satu) dan merupakan unit terkecil dari data komputer.

Bitmap

Pengertian Bitmap adalah peta titik, atau bit (karena itu namanya), yang terlihat seperti gambar selama Anda duduk dalam jarak yang wajar dari layar. Jenis file bitmap yang umum termasuk BMP (format bitmap mentah), JPEG, GIF, PICT, PCX, dan TIFF. Karena gambar bitmap terdiri dari sekumpulan titik, jika Anda memperbesar bitmap, tampaknya sangat kuning.

Bitrate

Pengertian Bitrate adalah ukuran kecepatan di mana bit ditransfer dari satu lokasi ke lokasi lain. Dengan kata lain, ini mengukur berapa banyak data yang dikirimkan dalam waktu tertentu. Bitrate biasanya diukur dalam bit per detik (bps), kilobit per detik (Kbps), atau megabit per detik (Mbps).

BitTorrent

Pengertian BitTorrent adalah protokol berbagi file peer-to-peer (P2P) yang dirancang untuk mengurangi bandwidth yang diperlukan untuk mentransfer file. Ini dilakukan dengan mendistribusikan transfer file ke beberapa sistem, sehingga mengurangi bandwidth rata-rata yang digunakan oleh setiap komputer.

Blob

Istilah “blob” sebenarnya adalah singkatan dari “Binary Large Object” dan digunakan untuk menyimpan informasi dalam database.

Pengertian Blob adalah tipe data yang dapat menyimpan data biner. Ini berbeda dari kebanyakan tipe data lain yang digunakan dalam database, seperti integer, angka floating point, karakter, dan string, yang menyimpan huruf dan angka. Karena blob dapat menyimpan data biner, blob dapat digunakan untuk menyimpan gambar atau file multimedia lainnya.

BLOG

BLOG singkatan dari “Web Log”. Pengertian BLOG adalah daftar entri jurnal yang diposting di halaman Web.

Blu-ray

Pengertian Blu-ray adalah format optical disc seperti CD dan DVD. dikembangkan untuk merekam dan memutar ulang video definisi tinggi (HD) dan untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Sementara CD dapat menampung 700 MB data dan DVD dasar dapat menampung data 4,7 GB, satu disk Blu-ray dapat menampung hingga 25 GB data. Disk Blu-ray lapisan ganda akan dapat menyimpan data sebesar 50 GB.

Bluetooth

Pengertian Bluetooth adalah sebuah alat yang digunakan untuk koneksi jarak pendek antara komputer desktop dan laptop, PDA (seperti Palm Pilot atau Handspring Visor), kamera digital, pemindai, telepon seluler, dan printer.

BMP

Format BMP atau Pengertian BMP adalah format grafik raster yang umum digunakan untuk menyimpan file gambar.BMP singkatan dari “Bitmap.” Ini bisa diucapkan sebagai “bump”, “B-M-P,” atau hanya “image bitmap”.

Bookmark

Pengertian Bookmark adalah penanda untuk situs Web. (Di Internet Explorer, mereka disebut “Favorit”.)

Boolean

Pengertian Boolean adalah logika yang digunakan komputer untuk menentukan apakah pernyataan itu benar atau salah. Ada 4 operator boolean utama: AND, NOT, OR, dan XOR.

Boot

Pengertian Boot adalah proses mengaktifkan dan menjalankan sistem pada komputer. Istilah “boot” berasal dari kata “bootstraps”, yang dulu digunakan orang untuk memakai sepatu bot mereka. Demikian juga, “boot” komputer.

Boot Disk

Pengertian boot disk adalah disk yang komputer dapat memulai atau “boot” dari. Jenis boot disk yang paling umum adalah hard drive internal, yang digunakan sebagian besar komputer untuk memulai. Sistem operasi yang diinstal pada hard drive dimuat selama proses boot.

Untuk berfungsi sebagai boot disk, disk ini harus memiliki sistem operasi terpasang yang dapat dimengerti oleh komputer. Ini bisa berupa sistem operasi lengkap seperti Windows atau Mac OS X, atau sistem operasi utilitas kecil, seperti Norton Utilities

Boot Sector

Pengertian Boot Sector adalah bagian pertama dari hard drive atau media penyimpanan data lainnya. Ini berisi master boot record (MBR) yang diakses oleh komputer selama urutan boot. Sektor boot mungkin juga menyertakan peta partisi, yang mendefinisikan setiap partisi disk.

Boot Sequence

Pengertian Boot Sequence adalah proses mulai mengaktifkan sistem komputer mulai dari mengakses BIOS komputer pada PC Windows atau ROM sistem pada Macintosh.

Setiap kali komputer melakukan boot, ia melewati serangkaian proses awal. Urutan peristiwa ini secara tepat dinamai “Boot Sequence”.

BIOS dan ROM berisi instruksi dasar yang memberitahu komputer cara melakukan booting. Instruksi ini kemudian diteruskan ke CPU komputer, yang mulai memuat informasi ke dalam RAM sistem. Setelah disk boot atau disk startup yang valid ditemukan, komputer mulai memuat sistem operasi ke dalam memori sistem. Setelah sistem operasi selesai memuat, komputer siap digunakan.

Bot

Pengertian Bot adalah program perangkat lunak otomatis yang dapat menjalankan perintah tertentu ketika menerima input tertentu (seperti ro- “bot”). Bot paling sering terlihat bekerja di area obrolan online dan pencarian Web yang berhubungan dengan Internet.

Bot pencarian web, juga dikenal sebagai spider dan crawler, mencari di Web dan mengambil jutaan dokumen HTML, lalu merekam informasi dan link yang ditemukan di halaman. Dari sana, mereka menghasilkan katalog elektronik dari situs-situs yang telah “dijelajahi”. Katalog ini membuat indeks situs yang digunakan untuk hasil mesin pencari.

Botnet

Pengertian Botnet adalah jaringan komputer yang dikendalikan dari satu sumber. Sementara beberapa botnet digunakan untuk tujuan komputasi cluster yang sah, sebagian besar botnet dibuat untuk aktivitas berbahaya. Beberapa contoh termasuk mengirim pesan spam, menyebarkan virus, dan menyerang server Internet.

Bounce

Istilah “bouncing” memiliki beberapa arti terkait IT. Pengertian bounce adalah menggambarkan proses reboot atau restart komputer. .Bounce yang paling umum digunakan di dunia komputer mengacu pada pesan email. “Bounce” juga dapat menggambarkan proses mengekspr beberapa trek dalam campuran audio ke satu trek mono atau dua trek stereo. “bouncing” juga dapat digunakan dalam jaringan untuk mendeskripsikan metode menyembunyikan sumber koneksi jaringan pengguna.

bps

BPS Singkatan dari “Bits Per Second.” (Huruf “b” adalah huruf kecil karena singkatan dari bit, bukan byte.) Pengertian bps atau Bit per detik adalah cara standar untuk mengukur seberapa cepat data bergerak melintasi jaringan atau sistem telepon.

Bridge

Dalam jaringan komputer, Pengertian Bridge adalah jembatan yang menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal (LAN) bersama-sama.

Broadband

Pengertian Broadband adalah transmisi data berkecepatan tinggi di mana satu kabel dapat membawa sejumlah besar data sekaligus.

Buffer

Pengertian Buffer adalah sistem yang berisi data yang disimpan untuk waktu yang singkat, biasanya di memori komputer (RAM). Tujuan buffer adalah untuk menyimpan data tepat sebelum digunakan.

Buffering juga digunakan untuk meningkatkan beberapa area kinerja komputer lainnya. Kebanyakan hard disk menggunakan buffer untuk memungkinkan akses yang lebih efisien ke data di disk. Kartu video mengirim gambar ke buffer sebelum ditampilkan di layar (dikenal sebagai buffer layar). Program komputer menggunakan buffer untuk menyimpan data saat berjalan.

Bug

Dalam dunia komputer, Pengertian bug adalah kesalahan dalam program perangkat lunak. Ini dapat menyebabkan program berhenti tiba-tiba atau berperilaku tidak diinginkan.

Burn

Pengertian burn adalah secara harfiah membakar data ke dalam CD yang dapat ditulis. Biasanya istilah ini digunakan untuk CD-writer, atau DVD-writer.

Bus

Dalam dunia komputer, Pengertian bus adalah terdiri dari sekumpulan kabel yang memungkinkan data dikirim bolak-balik. Sebagian besar komputer memiliki beberapa bus yang mengirimkan data ke berbagai bagian mesin. Setiap bus memiliki ukuran tertentu, diukur dalam bit (seperti 32-bit atau 64-bit), yang menentukan berapa banyak data yang dapat melintasi bus dalam satu waktu. Bus juga memiliki kecepatan tertentu, diukur dalam megahertz, yang menentukan seberapa cepat data dapat bergerak.

Bus utama komputer disebut frontside bus dan menghubungkan CPU ke komponen lainnya di motherboard. Bus ekspansi, seperti PCI dan AGP, memungkinkan data dipindahkan ke dan dari kartu ekspansi, termasuk kartu video dan perangkat I / O lainnya. Meskipun ada beberapa bus di dalam komputer, kecepatan frontside bus adalah yang paling penting, karena menentukan seberapa cepat data dapat masuk dan keluar dari prosesor.

Byte

Pengertian Byte adalah sekumpulan 8 bit yang mewakili satu karakter dalam memori komputer. Meskipun bit sering digunakan untuk mengukur kecepatan transfer data, byte digunakan untuk mengukur ukuran file, ruang hard disk, dan memori komputer. Jumlah data yang lebih besar diukur dalam satuan seperti megabyte, gigabyte, dan terabyte. Misalnya : satu kilobyte sama dengan 1.024 byte.