Cara Pencegahan Hacker Meretas HP Android dan PC Anda

Situsilmu-Cara Pencegahan Hacker Meretas Android dan PC

Perkembangan teknologi yang semakin mutakhir membuat para hacker mudah untuk melakukan peretasan. Saat ini sudah banyak jalan melalui aplikasi yang bisa mendukung upaya peretasan oleh para hacker, Jadi kita harus waspada.

Hacking atau peretasan adalah sebuah upaya menyadap hingga mengambil alih perangkat digital milik Anda. Perangkat yang dapat dimasuki oleh para hacker adalah smartphone, komputer, tablet, bahkan peretas dapat melakukannya pada jaringan pribadi Anda.

Anda harus mulai mengantisipasi upaya para hacker yang kemungkinan dapat merugikan Anda. Hampir semua aktivitas saat ini dilakukan secara sistem online, mulai dari belajar online atau daring, melakukan rapat dengan memanfaatkan video conference hingga kegiatan jual beli melalui website belanja online (e-commerce).

Macam-Macam Hacker

1. Script Kiddies

Script Kiddies merupakan tipe peretas yang menyalin atau mengacu pada metode yang digunakan hacker lainnya. Mereka menggunakan metode hacker lainnya dikarenakan mereka tidak bisa membuat kode atau metode hacking dengan bahasa komputer.

2. Cracker

Cracker merupakan tipe hacker yang masuk ke dalam sistem melalui cara-cara ilegal atau tidak sah dengan tujuan untuk keperluan pribadi atau golongan. Cracker atau hacker black hat ini biasanya melancarkan aksinya untuk mencuri data pribadi pada perangkat Anda hingga data penting Anda. Contoh aktivitas yang dilakukan oleh Cracker atau blackhat adalah phishing.

3. Hacktivist

Hacktivist adalah tipe hacker yang menggunakan keahlian meretas untuk menyuarakan keadilan atau kegiatan sosial lainnya. Biasanya Hacktivist ini tidak mengacu pada pencurian data, tetapi untuk kepentingan banyak orang seperti menyuarakan isu sosial, agama dan politik.

Contoh gerakan hacker Hacktivist adalah seperti pada film V for Vendetta tahun 2005. Dimana tokoh utamanya menjadi hacktivist yang menyuarakan isu-isu politik untuk kebaikan sosial. Ia menggunakan topeng Guy Fawkes yang menjadi ikon gerombolan hacker Anonymous yang sangat terkenal hingga saat ini.

4. Ethical Hacker

Ethical hacker adalah tipe hacker yang menggunakan keahliannya untuk melakukan uji jaringan atau mencari kelemahan sistem yang teridentifikasi, lalu mereka akan memberitahu kelemahan atau lubang keamanan pada sistem tersebut.

Aplikasi yang Biasa Digunakan Hacker pada Android dan PC

1. Termux

Termux atau Termux emulator adalah aplikasi yang digunakan untuk memasukkan, menampilkan serta mencetak data secara langsung dari perangkat Android Anda.

Namun, ada saja ulah Hacker yang memanfaatkan Termux ini untuk melihat data-data dengan cara menjalankan bahasa pemrograman seperti Python, Perl, Ruby tanpa melalui proses rooting, menjalankan teks editor berbasis terminal, serta menjangkau fungsi SSH Client.

2. WebInspect

WebInspect adalah aplikasi hacker terbaik yang biasa digunakan para hacker. WebInspect berguna untuk menyediakan analisis dinamis dari layanan website yang kompleks. Aplikasi WebInspect menjadi populer karena dapat membuat para hacker melakukan teknik hacking secara etis dan dinamis.

3. Netsparker

Netsparker adalah sebuah layanan web application security scanner. Netsparker berfungsi untuk membantu para web developer ketika mencari bug atau celah keamanan pada sebuah website.

Akan tetapi, Netsparker banyak disalahgunakan oleh para hacker usil dan tidak bertanggung jawab. Netsparker menawarkan versi gratis untuk melakukan analisis beberapa website sehingga para hacker dapat memanfaatkannya untuk mencari website dengan celah keamanan SQL Injection, XSS, serta celah lainnya untuk kepentingan pribadi.

4. Hackode

Aplikasi Hackode digunakan untuk mengetahui kelemahan sistem keamanan pada OS buatan Google.
Biasanya aplikasi ini digunakan oleh para IT Sistem administrator, cyber security professional, bahkan oleh para ethical hacker.

Hackode juga memiliki fitur yang dapat digunakan para pemula maupun profesional. Anda bisa mendapatkan fitur seperti Whois, DNS Lookup, Security RSS Feed,SQL injection, MySQL.

5. Lucky Patcher

Lucky Patcher adalah aplikasi hacker berbasis Android yang dimanfaatkan untuk membuat aplikasi berbayar menjadi gratis. Aplikasi Lucky Patcher juga dimanfaatkan untuk menghilangkan iklan di dalam sebuah konten website sehigga merugikan para blogger yang membagikan pengetahuan melaui website.

Lucky Patcher dapat digunakan pada smartphone Android Anda asalkan sudah melalui proses root yang menyebabkan semua akses sistem bisa terbuka.

6. Acunetix

Aplikasi Acunetix adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari celah-celah keamanan dari kode javascript, HTML5, dan lainnya, sehingga akan memudahkan Anda untuk menambal celah-celah kebocoran data. Akan tetapi, Acunetix banyak disalahgunakan oleh para hacker usil dan tidak bertanggung jawab.

Cara Pencegahan Hacker Meretas Android dan PC Anda

Hacker akan selamanya ada ketika perkembangan teknologi semakin mutakhir. Hacker itu pintar dalam menggunakan metode dan cara yang kadang di luar nalar orang biasa. Tingkat keahlian mereka dalam memainkan kode dan metode sangatlah handal.

Cara pencegahan supaya perangkat Anda atau website Anda tidak menjadi korban serangan para hackerr. Anda wajib memasang protokol keamanan seperti memasang Sertifikat SSL, selalu rutin update plugin, dan jangan menggunakan template nulled.

Selain itu, Anda harus melindungi data pribadi dengan sistem enkripsi dengan layanan Virtual Private Network (VPN). Dengan menggunakan VPN, Hacker atau peretas tidak bisa secara langsung mengakses atau melihat informasi atau data yang penting Anda karena semua informasi terenkripsi secara berlapis-lapis sehingga data asli tidak akan terlihat.

Demikian pembahasan tentang Cara Pencegahan Hacker Meretas HP Android dan PC Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

You May Also Like