Cara Menghilangkan Virus Pada Semua Tipe HP Android

Virus yang masuk ke dalam ponsel atau perangkat komputer dapat merusak sistem sehingga perangkat tidak bisa digunakan dengan baik. Bahkan, virus yang menyerang dapat mencuri data penting yang tersimpan pada perangkat tersebut.

Ketika ponsel Anda terserang virus, Anda harus mengetahui jenis virus apa yang merusak ponsel Anda. Karena setiap virus mengakibatkan kerusakan yang berbeda. Setelah itu, Anda Barulah Anda menentukan cara yang tepat untuk menangani virus tersebut.

Jenis Virus Android

Virus Android yang berbahaya terdiri dari beberapa macam. Masing-masing virus punya keahlian merusak yang berbeda.

1. Hummingbad

Hummingbad merupakan salah satu virus yang sangat berbahaya bagi ponsel Android Anda. Virus ini memiliki kemampuan merusak yang besar. Selain itu, virus ini mampu mencuri data pengguna. Perangkat yang terinfeksi virus ini dapat mengunduh aplikasi tanpa seizin Anda.

Hummingbad masuk lewat proses pengunduhan situs di browser. Untuk menyingkirkan virus ini dapat dilakukan dengan cara me-reset ponsel ke mode pabrik. Namun, apabila virus terlanjur masuk dan tertanam pada perangkat, Anda harus melakukan root perangkat lunak.

2. Cyber.Police

Saat ponsel Android Anda terjangkit virus Cyber.Police, maka ponsel Anda tidak akan bisa digunakan karena terkunci oleh pop up iklan yang terus muncul. Cara menghapus virus tersebut biasanya hanya cukup dengan mereboot ponsel Anda kembali.

3. Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug

Virus Shedun biasanya dimasukkan dalam bentuk aplikasi melalui situs unduhan pihak ketiga. Aplikasi-aplikasi ini biasanya berupa kloningan aplikasi umum yang banyak dikenal oleh masyarakat seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Google Now, Candy Crush, dan Snapchat. Virus ini dapat secara otomatis melakukan rooting perangkat lalu membuka celah untuk aliran iklan pada perangkat.
Untuk menghilangkan virus ini, Anda harus melakukan root dan reflash pada perangkat ponsel Anda.

4. Kloning Aplikasi

Apabila Anda masuk ke Play Store lalu Anda temukan dua aplikasi kembar yang muncul di hasil pencarian. Bisa jadi salah satu dari aplikasi yang serupa itu adalah aplikasi yang di dalamnya memuat virus. Biasanya virus ini dimasukkan pada kloning aplikasi yang populer.

Dengan teknik kloning aplikasi, peretas akan mudah menyelundupkan virus. Setelah aplikasi diinstal pada sebuah perangkat maka otomatis virus akan ikut masuk dan virus tersebut akan dengan mudah melancarkan serangan yang merusak sistem perangkat Anda.

Virus HP

Cara Menghilangkan Virus di HP Android

1. Install Aplikasi Anti Virus dan Virus Malware

Install aplikasi antivirus yang tersedia di dalam PlayStore sebagai antisipasi terhadap ponsel Android Anda agar terhindar dari virus atau malware.
Jalankan aplikasi setelah ia terpasang, lalu tekan Get Started. Setelah itu maka akan muncul menu utama. Cari tombol Scan untuk memindai virus pada perangkat ponsel Anda. Dalam proses ini bukan cuma virus saja yang terdeteksi namun, jenis ancaman lainnya juga akan terdeteksi.
Ketika proses pemindaian selesai, apabila terdapat virus dan ancaman yang berpotensi merusak perangkat, selanjutnya tap Resolve untuk menyelesaikan masalah virus dan ancaman-ancaman tersebut.

2. Boot Ponsel dalam Safe Mode

Untuk melakukan ini Anda harus menekan tombol power dan ketika muncul opsi shutdown atau restart, tahan dan tekan tombol sampai ponsel mati dan opsi reset muncul.
Setelah masuk ke dalam safe mode, lalu ke menu pengaturan aplikasi. Kemudian pilih menu Apps. Di dalam menu Apps, Anda bisa memilih dan melepas aplikasi yang mencurigakan. Jika sudah selesai Anda bisa mulai restart ponsel dan masuk ke mode normal.

3. Lakukan Factory Reset

Factory Reset adalah mode mengembalikan sistem ponsel ke sistem bawaan pabrik. Tindakan Factory Reset dilakukan jika ponsel sudah tidak bisa dipulihkan dengan cara-cara menghilangkan virus di atas.
Namun, sebelum melakukan Factory Reset, backup data terlebih dahulu karena bila Anda melakukan Factory Reset maka semua data dan aplikasi yang terinstal pada ponsel terhapus termasuk virus dan ancaman-ancaman lainnya.

Factory Reset - situsilmu.com
Ada beberapa cara untuk melakukan Factory Reset, yaitu:

Factory Reset (Soft Reset)

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih Buat Cadangan dan Setel Ulang (Backup & Reset).
  • Pilih menu Kembalikan ke Setelah Pabrik (Factory Reset), akan muncul konfirmasi.
  • Pilih apa saja yang akan Anda reset.
  • Masukan pin atau kata sandi ponsel Android kita.
  • Proses reset ini membutuhkan waktu sekitar 3-10 menit. Setelah proses reset selesai ponsel Anda akan otomatis melakukan restart dan tampilan ponsel akan kembali ke tampilan awal saat ponsel dibuat.

Hard Reset (Wipe Data)

  • Tekan dan tahan tombol power dan tombol volume secara bersamaan sampai muncul menu Recovery.
  • Kemudian masuk ke menu Recovery dan Pilih Wipe Data/Factory Reset.
  • Tunggu sampai proses Recovery selesai.
  • Setelah itu ponsel akan melakukan restart otomatis.
  • Proses reset ini membutuhkan waktu sekitar 3-10 menit. Setelah proses reset selesai ponsel Anda akan otomatis melakukan restart dan tampilan ponsel akan kembali ke tampilan awal saat ponsel dibuat.

Demikian pembahasan tentang Cara Menghilangkan Virus Pada HP Android Semua Tipe. Semoga bermanfaat dan terima kasih.