Cara Mengembalikan Pesan Chat Yang Terhapus di WhatsApp

Pesan pada aplikasi whatsapp yang menurut Anda penting biasanya jarang Anda hapus atau Anda bintangi. Akan tetapi, mungkin Anda terkadang melakukan clear chat, clear data atau tanpa sengaja uninstall aplikasi WhatsApp. Sehingga ketika Anda login kembali ke aplikasi WhatsApp, pesan penting tersebut sudah hilang. Anda tidak perlu panik ketika pesan yang menurut Anda penting itu tiba-tiba menghilang. Ada beberapa cara penting agar Anda dapat mengembalikan pesan yang hilang tersebut.

Cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan restore data (mengembalikan data) dari backup data di google drive. Akan tetapi, cara ini hanya dapat dilakukan bila Anda sudah mengaktifkan backup otomatis di settingan whatsApp sebelumnya atau apabila Anda sering melakukan backup data secara manual.

Namun, bagaimana jika ternyata Anda tidak mengaktifkan fitur backup otomatis di settingan whatsapp sebelumya dan Anda juga jarang melakukan backup secara manual. Tenang saja, Anda tidak perlu panik karena masih ada kemungkinan data chating Anda kembali, yaitu dengan menggunakan database yang tersimpan di dalam memori ponsel (backup lokal).

Anda wajib mengetahui:

  1. Ponsel akan menyimpan file–file cadangan lokal yang dibuat selama 7 hari terakhir.
  2. Cadangan lokal akan dibuat secara otomatis setiap pukul 02.00 dan disimpan sebagai file di ponsel Anda.
  3. Jika tidak di simpan di folder /sdcard/whatsapp/ Anda bisa menemukannya di folder penyimpanan Internal atau penyimpanan utama.

Apabila Anda tidak membuat cadangan file atau Backup melalui Google Drive, Anda masih bisa mengembalikan percakapan WhatsApp Anda melalui Backup lokal. Caranya mudah, Anda hanya menggunakan aplikasi file manager yang ada di ponsel Anda.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi file manajer (jika belum punya).
  2. Buka aplikasi manajer file, lalu buka folder sd card » whatsapp » database. Jika Anda tidak menggunakan kartu memori, silahkan cari folder whatsapp di memori internal.
  3. Akan muncul beberapa file dengan format msgstore-TTTT-BB-HH-1.db.crypt12 (contohnya: msgstore-2021-02-23.1.db.crypt12).
  4. Silahkan cari file sesuai dengan tanggal chating yang ingin Anda kembalikan. Lalu ganti namanya menjadi msgstore.db.crypt12.
  5. Lalu uninstall aplikasi whatapp, kemudian install ulang dan masuk menggunakan nomor Anda seperti biasanya. Dan jangan lupa untuk memilih pulihkan atau restore ketika diminta untuk memulihkan data.

Demikian pembahasan tentang “Cara Mengembalikan Pesan Chat Yang Terhapus di WhatsApp”. Semoga bermanfaat dan terima kasih.