Cara Melacak dan Menemukan HP Yang Hilang

Cara Melacak dan Menemukan HP Yang Hilang

Saat ini, handphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Ketika pergi kemanapun, sebagian besar orang lebih membutuhkan membawa HP dan dompet daripada barang lainnya. Handphone memiliki banyak kegunaan, bahkan handphone menjadi tempat kita menyimpan banyak hal penting, seperti aplikasi m-banking, nomor telepon keluarga dan kerabat, kata sandi, pesan penting, foto-foto, dan masih banyak lagi.

Bagaimana bila tiba-tiba HP hilang atau tertinggal di suatu tempat ? Perasaan panik pasti melanda dan begitu besar rasa ingin segera menemukan handphone tersebut. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir, kami akan memberikan tips bagaimana Cara Melacak dan Menemukan HP Yang Hilang.

Sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, ada beberapa tindakan yang harus Anda lakukan pada handphone Anda saat ini dan langkah-langkah di bawah ini dapat memudahkan Anda apabila musibah kehilangan HP terjadi.

1. Aktifkan fitur Find My Device. Caranya adalah pada HP Anda pilih Setting – Security – Device admin apps – Find My Device (On). 

2. Aktifkan fitur Screen lock service untuk mencegah orang yang tidak bertanggung jawab mengakses semua isi dalam handphone Anda. Caranya adalah pada HP Anda pilih Setting – Security – Device admin apps – Screen lock service (On).

3. Selalu aktifkan GPS / Location Anda.

4. Selalu gunakan akun email Google Anda pada handphone Anda.

5. Selalu aktifkan data internet Anda dan Wi-Fi Anda.

Perlu diingat, Alur menu setting Find My Device dan Screen lock Device biasanya berbeda-beda nama submenunya untuk setiap jenis HP, tetapi semua tetap ada di dalam menu Setting.

Untuk mencari handphone yang hilang, Anda dapat menggunakan perangkat lain seperti laptop atau meminjam handphone orang lain. Cara Melacak dan Menemukan HP Yang Hilang atau tertinggal ini akan berhasil apabila Anda sudah melakukan pengaturan yang tadi kami sebutkan di atas dan posisi HP sedang dalam keadaan menyala.

Berikut ini cara menemukan handphone yang hilang atau tertinggal :

1. Pada browser, ketikkan https://www.google.com/android/find atau ketikkan “Find My Device”. Lalu klik Get Started / Mulai atau klik situs Find My Device-Google.

Find My Device
2. Klik inisial huruf yang ada di pojok kanan atas. Lalu masukkan email Anda ke dalam browser tersebut menggunakan email Google yang Anda gunakan pada HP Anda.


3. Google akan langsung menunjukkan lokasi handphone Anda dengan akurasi hingga 25 meter. Lalu klik tombol Terima atau Accept.

Lokasi HP Terdeteksi

4. Pilih Play Sound atau Putar Suara. HP Anda akan berdering dengan kencang selama 5 menit walaupun sedang dalam mode silent atau senyap. Anda dapat langsung menuju ke tempat HP Anda berbunyi.

Play Sound

Pada perangkat HP yang hilang akan tampil seperti iniPlay Sound5. Pilih Secure Device atau Amankan Perangkat untuk mengunci HP Anda agar HP tidak dapat digunakan atau diakses oleh orang lain. Anda tetap dapat menemukan HP Anda ketika dalam keadaan terkunci oleh Google Find My Device.

Secure Device

6. Apabila HP sudah tidak dapat terdeteksi lagi, mungkin karena HP sudah dimatikan oleh orang lain atau jarak yang sudah terlampau jauh, maka Anda dapat melakukan pengamanan terakhir dengan cara menghapus data-data dalam HP Anda agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Caranya klik Erase Device atau Hapus Perangkat.

Erase Device

Anda sebaiknya selalu berhati-hati dan waspada agar terhindar dari kejadian yang sangat merugikan ini.

Demikian pembahasan tentang Cara Melacak dan Menemukan HP Yang Hilang. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 🙂

You May Also Like