Apa itu “U” atau Rack Unit Server

Apa itu “U” atau “Rack Unit” Server

Pengertian U atau Rack Unit (Unit Rak) adalah unit pengukuran yang diterapkan pada rak peralatan dan server, drive disk, dan perangkat lain yang diletakkan pada rak server. Satu U adalah 1,75 inci (44,45mm). Rak standar, pada 19 inci adalah 42U.

Rak server dan perangkat keras lain yang dirancang untuk dipasang di rak diproduksi dalam kelipatan 1,75 inci atau 1 3/4 inci dan ditentukan dalam kelipatan unit rak, biasanya 1U, 2U, 3U atau 4U. Rak digunakan untuk meletakkan peralatan dengan ukuran tersebut. Lubang pada flensa pemasangan rak disusun dengan satuan ukuran per tiga lubang yang disebut unit rak 3 lubang atau “3 mounting hole grouping”.

U atau Rack Unit Server
U atau Rack Unit Server

Unit rak untuk peralatan dianggap sebagai ukuran maksimum untuk setiap peralatan yang diletakkan di dalamnya. Akan tetapi, biasanya perangkat dibuat sedikit lebih kecil dari nilai U sehingga dapat memberikan sedikit ruang. Misalnya, sebuah router yang ditetapkan ukurannya sebagai 2U (3,5 inci), padahal ukuran sebenarnya adalah 3,35 inci, ini dimaksudkan untuk memberikan sedikit ruang.

Untuk perangkat yang memiliki tinggi yang hampir sama dan tidak lebar misalnya perangkat sakelar jaringan, router, sakelar KVM, maka dapat dipasang dalam 1 ruang unit rak “U” (satu dipasang rak bagian depan dan satu di rak bagian belakang). Untuk 1 unit “U” yang dibagi untuk dua perangkat, biasa disebut dengan “Half Rack” atau setengah rak.

Apa itu kalkulator atau perhitungan unit rak “U”

Perhitungan kalkulator unit rak atau perhitungan U wajib diketahui sebelum membeli rak server agar nantinya tidak kurang ketika akan meletakkan setiap perangkat di dalamnya. Setiap Unit U atau Rak setara dengan 1,75 ” dan digunakan sebagai standar untuk menjelaskan ukuran dengan lemari rak 19 inci. Kalkulator Rak 19 Inci di bawah ini sudah diubah ari satuan “U” Unit Rak menjadi inci, feet, cm, dan mm.

Perhitungan U (Rack Unit / Unit Rak)

Rak ServerU atau Rack Unit Server

Demikian pembahasan tentang Apa itu “U” atau “Rack Unit” Server. Semoga bermanfaat dan terima kasih 🙂