7 Aplikasi untuk membuat USB Bootable

Teknologi saat ini makin maju dan canggih, untuk menginstall sistem operasi hanya perlu penancapkan flashdisk atau usb bootable saja, tidak perlu ribet seperti jaman dulu kita membutuhkan media CD/DVD, lalu di burning dengan file iso sistem operasi.

oleh karna itu di kesempatan kali ini situsilmu.com akan memperkenalkan 7 aplikasi yang sangat berguna untuk membuat usb atau flasdisk bootable.

1. WinSetupFromUSB adalah program Windows, yang menyiapkan flash USB multiboot untuk menginstal versi Windows apa pun , mem-boot berbagai distro Linux dan * BSD, serta berbasis DOS, dan utilitas lainnya. aplikasi ini dapat membuat disk USB bootable yang dapat digunakan dalam mode (U) EFI dan BIOS Legacy.

wsfu

untuk mendownload winsetupfromusb silahkan klik link ini 

2. Rufus adalah utilitas yang membantu memformat dan membuat flash drive USB yang dapat di-boot, seperti kunci / pendrives USB, memory stick, dll.

rufus

untuk mendownload aplikasi rufus silahkan klik link ini

3. UNetbootin memungkinkan Anda membuat drive Live USB yang dapat di-boot untuk Ubuntu dan distribusi Linux lainnya tanpa perlu membakar CD. Anda dapat membiarkan UNetbootin mengunduh salah satu dari banyak distribusi yang didukung out-of-the-box untuk Anda, atau menyediakan file .iso Linux Anda sendiri.

unetbootin

untuk mendownload aplikasi unetbootin, silahkan klik link ini

4. Universal USB Installer alias UUI adalah Live Linux Bootable USB Creator yang memungkinkan Anda memilih dari pilihan Distribusi Linux untuk dimasukkan ke USB Flash Drive Anda. Universal USB Installer mudah digunakan.

uui

untuk mendownload aplikasi universal usb installer, silahkan klik link ini

5. Windows 7 USB/DVD Download Tool Saat Anda mengunduh Windows dari Microsoft Store, Anda memiliki dua opsi: Anda dapat mengunduh kumpulan file terkompresi, atau Anda dapat mengunduh file ISO. File ISO menggabungkan semua file instalasi Windows menjadi satu file yang tidak terkompresi.

Jika Anda memilih untuk mengunduh file ISO sehingga Anda dapat membuat file yang dapat di-boot dari DVD atau drive USB, salin file ISO Windows ke drive Anda dan kemudian jalankan Alat Download USB / DVD Windows. Kemudian cukup instal Windows ke komputer Anda langsung dari drive USB atau DVD Anda.

windows-7-usb-dvd-download-tool

untuk mendownload aplikasi windows 7 usb/dvd tool, silahkan klik link ini

6. Etcher adalah flasher image OS yang kuat yang dibangun dengan teknologi web untuk memastikan mem-flash drive SDCard atau USB adalah pengalaman yang menyenangkan dan aman. Ini melindungi Anda dari menulis secara tidak sengaja ke hard-drive Anda, memastikan setiap byte data ditulis dengan benar dan banyak lagi. Itu juga dapat mem-flash langsung perangkat Raspberry Pi yang mendukung protokol usbboot

etcher

untuk mendownload aplikasi etcher, silahkan klik link ini

 

7. YUMI – Pembuat USB Multiboot

YUMI (Penginstal Multiboot Universal Anda) adalah alat yang digunakan untuk membuat drive USB yang dapat di-boot. Buat Flash Drive USB Multiboot yang berisi beberapa file ISO Bootable dengan cepat. Gunakan untuk mem-boot Sistem Operasi Live Linux favorit Anda, Penginstal Linux dan Windows, utilitas antivirus, kloning disk, pencadangan, pengujian penetrasi, alat diagnostik, dan banyak lagi. YUMI memudahkan siapa saja untuk membuat sendiri Alat Perbaikan PC USB diagnostik Multi guna All-In-One mereka sendiri.

 

yumi-legacy

untuk mendownload aplikasi yumi legacy silahkan klik link ini

Versi YUMI UEFI yang tercantum di bawah ini menggunakan GRUB2 untuk booting UEFI dan BIOS. Perhatikan bahwa varian UEFI tidak kompatibel dengan versi  YUMI legacy. Distribusi yang didukung terbatas, dan drive USB Anda harus berformat Fat32 untuk mendukung booting dalam mode UEFI.

 

yumi-uefi

untuk mendownload aplikasi yumi uefi silahkan klik link ini

CATATAN PENTING: Drive USB Anda harus berformat Fat16 / Fat32 / NTFS, jika tidak, Syslinux akan gagal dan akibatnya, drive Anda TIDAK AKAN Boot. NTFS mungkin tidak berfungsi dengan setiap distribusi tetapi diperlukan untuk menyimpan file di atas 4GB. YUMI UEFI harus menggunakan format Fat32.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *