6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store

Google Play Store menjadi wadah berbagai aplikasi Android, baik itu aplikasi game, belanja online, aplikasi edit video, dan aplikasi penting lainnya. Hanya dengan mengunduh atau download melalui Play Store, maka semua aplikasi Android yang kita inginkan dapat langsung kita gunakan dengan aman.

Namun, apabila Anda mengalami kendala tidak bisa mengunduh aplikasi, maka jangan khawatir, kami akan berikan cara mengatasi tak bisa download di Play Store.

1. Periksa Jaringan Internet

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa jaringan internet yang Anda miliki. Bisa jadi Anda lupa menghidupkan data internet Anda atau jaringan internet yang Anda gunakan sedang bermasalah.

Begitu juga bila Anda menggunakan jaringan WiFi. Coba cek terlebih dahulu kualitas dan sambungan dari jaringan WiFi yang Anda gunakan.

2. Cek Sisa Kapasitas Memori

Mengunduh aplikasi ke dalam ponsel pastinya akan menggunakan ruangan memori, baik memori internal atau eksternal ponsel.

Hal yang sering kita lakukan adalah mengunduh sebuah aplikasi tanpa mengecek terlebih dahulu kapasitas memori pada ponsel. Sehingga pengunduhan tidak akan berhasil apabila ruang kapasitas memori penuh.

Jadi, yang harus dilakukan adalah menghapus aplikasi, video, dan juga foto yang tidak dibutuhkan lagi agar kapasitas memori memiliki ruang lebih untuk menyimpan aplikasi yang baru.

3. Bersihkan Cache

Aplikasi yang diunduh biasanya menghasilkan file sampah atau yang lebih dikenal dengan nama cache.

Banyak pengguna ponsel yang kadang lupa untuk membersihkan file cache secara rutin. Padahal cache bisa menyebabkan gagal mendownload aplikasi di Play Store. Jadi, Anda harus menghapus cache dari aplikasi baik itu satu per satu maupun sekaligus.

4. Hapus Proxy

Menghapus proxy menjadi solusi mengatasi tidak bisa download di Play Store. Proxy merupakan sebuah sistem yang berfungsi sebagai sarana perantara jaringan. Gangguan proxy dapat memengaruhi proses download aplikasi di Play Store. Untuk menghapus proxy, Anda bisa melakukannya dengan membuka pengaturan pada data Access Point Name atau APN.

5. Cek Google Play Service

Google Play Store memiliki keterkaitan dengan Google Play Service. Jadi, mungkin saja kegagalan yang terjadi pada saat mengunduh aplikasi di Play Store karena masalah pada Google Play Service. Hal yang harus dilakukan adalah dengan menghapus data dan juga cache yang terdapat pada aplikasi Google Play Service.

Jika hal tersebut masih tidak berhasil, maka Anda bisa menghapus aplikasi Google Play Service dan lakukan restart. Kemudian cobalah kembali untuk mengunduh aplikasi Google Play Service ini.

6. Menambah Memori Eksternal

Menambahkan memori eksternal pada ponsel dengan kapasitas yang lebih besar bisa menjadi cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi saat gagal mengunduh aplikasi pada Play Store.

Demikian pembahasan tentang “6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store”. Semoga bermanfaat dan terima kasih.